BlackBerry Jual Paten Ponselnya Seharga Rp 8 Triliun

Kompas.com - 04/02/2022, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Setelah "membunuh" layanan BlackBerry Messenger (BBM), BlackBerry kini menjual paten ponselnya kepada Catapult IP Innovations Inc. senilai 600 juta dollar AS (sekitar Rp 8,6 triliun).

Paten-paten tersebut termasuk paten legasinya untuk "mobile device" atau perangkat mobile, serta kategori "messaging and wireless networking" alias layanan pesan dan jaringan nirkabel.

Sebelumnya, BlackBerry berencana untuk melisensikan mereknya kepada perusahaan lain, seperti langkah Nokia yang menjual lisensi mereknya kepada HMD Global. Namun hal itu nampaknya tidak bisa terwujud.

Baca juga: Hilangnya Identitas BlackBerry

Dikutip KompasTekno dari situs resmi BlackBerry, Jumat (4/2/2022), kesepakatan penjualan paten-paten itu telah tercapai, di mana BlackBerry akan menerima 450 juta dollar AS dalam bentuk uang tunai, dan sisa 150 dollar AS-nya akan dibayarkan dalam tiga tahun ke depan.

"Transaksi ini tidak memengaruhi produk, solusi, atau layanan BlackBerry yang dipakai oleh konsumen," tulis pernyataan BlackBerry.

Penjualan paten ini statusnya masih menunggu persetujuan regulator di AS dan Kanada, yang setidaknya akan memakan waktu hingga 120 hari.

Catapult sendiri adalah perusahaan baru yang berbasis di Delaware, AS, yang dibuat untuk mengakuisisi paten-paten BlackBerry.

Catapult sendiri kemungkinan tidak akan membuat produk-produk baru dengan lisensi BlackBerry ini, melainkan menggunakan paten tersebut sebagai alat pencari uang, dikutip KompasTekno dari Android Community.

Baca juga: Selamat Tinggal BlackBerry OS dan Ponsel BlackBerry Lawas

Salah satu caranya adalah dengan menuntut perusahaan yang diyakini telah melanggar paten-paten BlackBerry yang kini dimiliki Catapult.

BlackBerry saat masih bernama Research In motion (RIM) pernah menuntut beberapa perusahaan termasuk Apple, karena diduga melanggar paten, terkait teknologi USB charging dan teknologi komunikasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BlackBerry
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.