Kompas.com - 04/02/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com -Belakangan, video berisi foto sistem tata luar angkasa atau kosmos yang bertepatan dengan hari ulang tahun beredar di for your page (FYP) TikTok.

Pengguna TikTok menyebut foto itu sebagai "Picture NASA Took on My Birthday" atau foto NASA yang diambil sesuai tanggal lahir.

Video "Picture NASA Took on My Birthday" dibuat dengan memanfaatkan sarana yang dimiliki oleh NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat).

NASA memang memiliki koleksi foto kosmos yang diambil dari teleskop luar angkasa miliknya atau dari teleskop luar angkasa negara lain.

Teleskop luar angkasa milik NASA atau dikenal dengan Hubble, telah mengudara untuk memantau sistem tata luar angkasa kurang lebih selama 30 tahun.

Baca juga: Mengenal Facebook Mobility, Google Traffic, dan Night Light NASA yang Dipakai Memantau Mobilitas Warga Selama PPKM Darurat

Hubble NASA mengorbit di luar angkasa selama 24 jam per hari dan tujuh hari dalam seminggu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi NASA, Jumat (4/2/2022).

Karena mengorbit setiap hari, banyak penampakan kosmos yang terdokumentasikan oleh Hubble, termasuk yang bertepatan dengan hari lahir sesorang, yang mana setiap hari selalu ada yang merayakan hari jadinya.

Hasil dokumentasi harian dari Hubble berupa foto itu lah yang akhirnya disortir berdasarkan hari lahir dan dibuat menjadi video "Picture NASA Took on My Birthday".

Cara membuat video "Picture NASA Took on My Birthday" ini cukup mudah. Pengguna hanya perlu menyiapkan foto hasil tangkapan Hubble yang bisa diperoleh lewat situs web NASA. Caranya adalah sebagai berikut:

Cara buat "Picture NASA Took on My Birthday" via situs Hubble NASA

  • Buka situs web Hubble NASA berikut ini
  • Gulir ke bawah hingga menemukan kolom "Select Your Birthday"
  • Masukkan bulan dan tanggal kelahiran Anda, lalu klik opsi "Submit"
  • Situs web bakal memunculkan foto atau gambar hasil tangkapan Hubble di hari ulang tahun Anda
  • Foto bakal dilengkapi dengan deksripsi kejadian di kosmos yang bertepatan dengan hari ulang tahun Anda
  • Anda bisa langsung membagikan foto tersebut ke beberapa media sosial, seperti Facebook dan Twitter dengan menekan ikon yang tersedia
  • Anda juga bisa mengunduh dengan klik opsi "more info", lalu gulir ke bawah dan klik opsi "download picture". Setelah diunduh, Anda bisa menggunggahnya sebagai konten "Picture NASA Took on My Birthday" di TikTok.

Gambar di situs web Hubble NASA tidak bisa dipilih sesuai tahun kejadian di kosmos, jadi gambar otomatis muncul sesuai bulan dan harinya saja. Sedangkan tahunnya, bakal muncul secara acak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber NASA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.