Pendapatan YouTube Lampaui Netflix berkat Iklan

Kompas.com - 04/02/2022, 19:02 WIB

KOMPAS.com - Akhir Desember 2021, YouTube diramalkan menjadi "raja platform streaming" baru untuk tahun 2022 ini, melengserkan Netflix dari takhta tersebut.

Ramalan tersebut perlahan mulai menjadi kenyataan. Pasalnya, pendapatan YouTube melampaui Netflix pada kuartal-IV 2021 lalu.

Pada kuartal tersebut, pendapatan YouTube dari iklan dan belum termasuk pendapatan dari layanan berlangganan premium tercatat melampaui pendapatan Netflix untuk periode yang sama.

Menurut laporan keuangan induk usaha Google, Alphabet, pada kuartal IV-2021 yang berakhir 31 Desember 2021 ini YouTube tercatat membukukan pendapatan sebesar 8,63 miliar dollar AS (sekitar 122,2 triliun) dari bisnis iklan.

Baca juga: Baby Shark Pecahkan Rekor YouTube, Jadi Video Pertama yang Ditonton 10 Miliar Kali

Pendapatan iklan YouTube tersebut meningkat 25,4 persen dari tahun ke tahun.

Sebagai perbandingan, pendapatan Netflix pada kuartal IV-2021 ini hanya mencapai 7,71 miliar dollar AS (sekitar Rp 109,2 triliun), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Variety, Jumat (4/2/2022).

Pendapatan selama satu tahun

Bila dilihat dalam satu tahun penuh, total pendapatan YouTube dari iklan saja juga sudah semakin mengejar total pendapatan Netflix pada 2021.

Sepanjang tahun 2021, YouTube dilaporkan mengumpulkan pendapatan mencapai 28,8 miliar dollar AS (kira-kira Rp 407,8 triliun) dari bisnis iklannya.

Pendapatan itu belum mencakup layanan berlangganan premium seharga 12 dollar AS, yang diklaim sudah memiliki 50 juta pengguna.

Bila dikalkulasi, total pendapatan potensial YouTube dari layanan berlangganan premium jumlahnya mencapai 600 juta dollar AS (setara Rp 8,4 triliun), dihimpun dari Quartz.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Variety
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.