Backup Chat WhatsApp Android di Google Drive Tidak Lagi "Gratis"?

Kompas.com - 07/02/2022, 08:02 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Selama ini, Google memberikan ruang penyimpanan tanpa batas (unlimited) untuk pengguna WhatsApp di Android yang ingin mencadangkan (backup) percakapannya di Google Drive. Namun, kebijakan tersebut tampaknya akan berubah.

Google dikabarkan akan memberikan batasan kapasitas tertentu untuk menampung file pencadangan WhatsApp pengguna di Google Drive.

Kabar ini diungkap oleh WABetaInfo, situs yang kerap memberikan bocoran fitur-fitur baru WhatsApp dengan tepat.

WABetaInfo membagikan tangkapan layar (screenshot) yang menunjukkan serangkaian kode yang diartikan sebagai "batas backup" dan "perubahan backup di Google Drive".

Ini menjadi indikasi bahwa Google merencanakan batasan ruang backup untuk WhatsApp di Google Drive. Dengan demikian, kebijakan ini akan mendorong pengguna untuk berlangganan ruang penyimpanan yang lebih besar di layanan cloud tersebut.

Baca juga: WhatsApp Pasang Iklan 1 Menit di Televisi AS, supaya Laku?

Kode kuota WhatsApp di Google DriveWABetaInfo Kode kuota WhatsApp di Google Drive
Menurut WABetaInfo, ada pula kode yang menampilkan peringatan ketika ruang untuk mencadangkan chat di Google Drive hampir penuh. Hal inilah yang menjadi indikasi kedua. 

Sejauh ini, Google memang memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB untuk Google Drive. Istimewanya, backup chat WhatsApp di Google Drive tidak memakan ruang 15 GB tersebut.

Jika kode tersebut benar-benar dijalankan, artinya pengguna akan mendapatkan peringatan ketika ruang backup di Drive untuk WhatsApp hampir penuh, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Police, Senin (7/2/2022).

Bocoran terkait batasan ruang backup juga sudah muncul pada Oktober tahun lalu. Saat itu, WABetaInfo menyebutkan pengguna harus memilih jenis pesan dan media yang akan dicadangkan di Google Drive.

Meski bocorannya sudah bermunculan sejak beberapa waktu lalu, sejauh ini belum diketahui kapan Google akan menerapkan pembatasan kapasitas untuk backup chat WhatsApp di Android ini. 

Baca juga: Cara Bikin Tulisan Berwarna di WhatsApp Android

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.