Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2022, 15:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Turnamen Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL ID) akan segera memasuki musim ke-9. Ajang kompetisi e-sports tingkat nasional ini akan digelar mulai 18 Februari hingga 24 April 2022.

MPL merupakan liga utama atau turname game Mobile Legends tertinggi yang dihelat oleh Moonton, selaku pengembang Mobile Legends.

Manajer Humas dan Komunikasi Esports Moonton Indonesia mengatakan, MPL ID Season 9 akan diselenggarakan secara offline (luring) di Bali.

Turnamen akbar ini juga dapat disaksikan melalui bioskop Cinepolis, atau secara online lewat Nimo TV, Tiktok, YouTube, Facebook, serta Vidio.

“Kita akan (menggelar secara) offline dan juga terbuka untuk umum, dan akhirnya MPL Indonesia bisa ditonton di biosko," kata Azwin dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (7/2/2022).

Baca juga: Ini Dia, Lineup RRQ Hoshi untuk MPL ID Season 9, Ada RRQ Lemon

Namun, mengingat kondisi pandemi yang masih berlangsung, Azwin mengatakan acara akan tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah.

"Tapi semua ini tentu saja akan dilakukan dengan menaati regulasi pemerintah dan memperketat protkol kesehatan,” imbuh Azwin.

Daftar tim dan hadiah yang diperebutkan

Setidaknya ada delapan tim e-sports yang akan berkompetisi di turnamen tahunan ini. Susunan kedelapan tim yang akan berpartisipasi di MPL ID Season 9 tersebut kurang lebih hampir sama dengan MPL ID Season 8 tahun lalu.

Termasuk juara bertahan MPL ID Season 8, Onic E-sport yang akan ikut "memanaskan" arena. Adapun daftar tim MPL ID season 9 adalah:

  1. Rebellion Esports
  2. RRQ Hoshi
  3. Alter Ego
  4. Aura Fire
  5. Bigetron Alpha
  6. Evos Legends
  7. Geek Fam
  8. Onic Esports

Baca juga: MPL ID Season 9 Dimulai 18 Februari, Ini Daftar Tim yang Bertanding

MPL ID Season 9 akan diawali dengan babak Regular Season yang menggunakan format sistem pertandingan tiga game terbaik alias Best of 3 (Best of 3).

Enam tim yang berhasil melanjutkan lolos dari ronde tersebut akan melanjutkan perjuangannya di babak Playoff menggunakan format Best of 5 (BO5).

Puncak turnamen MPL ID Season 9 nanti adalah babak Grand Final dengan format lima game terbaik alias Best of 7 (BO7) untuk memperebutkan total hadiah sebesar 300 dolar AS atau sekitar Rp 4,5 miliar.

Berikut merupakan rincian hadiah yang akan diterima oleh setiap pemenang di MPL ID Season 9, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Liquipedia, Senin (7/2/2022):

  • Juara pertama - 140.000 dolar AS (sekitar Rp 2 miliar)

  • Juara kedua - 67.200 dolar AS (sekitar Rp 967 juta)

  • Juara ketiga - 28.000 dolar AS (sekitar Rp 403 juta)

  • Juara keempat - 16.800 dolar AS (sekitar Rp 241 juta)

  • Juara kelima dan keenam - 10.525 dolar AS (sekitar Rp 151 juta)

  • Juara ketujuh dan kedelapan - 7.725 dolar AS (sekitar Rp 111 juta)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Liquipedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com