Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Penampakan Oppo Reno7 Versi Indonesia, Beda dengan China

Kompas.com - 07/02/2022, 17:02 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Reno7 dipastikan segera hadir di Indonesia. Meskipun jadwal peluncurannya belum diumumkan, Oppo sudah memberikan beberapa bocoran, seperti spesifikasi dan desain Oppo Reno7.

Oppo Indonesia juga telah menyebutkan, desain dari Reno7 di Indonesia akan tampil beda dibanding Reno7 yang diluncurkan di negara asalnya, yakni China.

Kini, Oppo mengungkap sekilas desain pungung Oppo Reno7. Pada foto yang dibagikan melalui keterangan resminya, punggung Oppo Reno7 memiliki sudut yang membulat, khususnya pada bagian bawah casing. Sepanjang tepian punggung juga melengkung.

Baca juga: Oppo Reno7 Dipastikan Segera Meluncur di Indonesia

Jika dibandingkan dengan Reno7 versi China, sudutnya juga membulat. Namun tepian perangkat didesain kotak, bukan melengkung. Sektor ini juga menjadi pembeda utama fisik Reno7 di Indonesia dengan varian yang beredar di China.

Bocoran desain Reno7 di Indonesia hampir sama dengan desain yang menghiasi Oppo Reno6 yang diluncurkan di Tanah Air pada tahun 2021.

Oppo Reno7 Startrails BlueOppo Oppo Reno7 Startrails Blue

Menurut Oppo, desain seperti ini akan memberikan kesan yang tipis pada perangkat. Selain itu, pengalaman saat menggenggam ponsel juga diklaim akan lebih nyaman, terutama ketika digenggam hanya dengan satu tangan.

Oppo Reno7 5GOppo Oppo Reno7 5G

Dari segi material, punggung Oppo Reno7 tampak memiliki tekstur glossy, kemungkinan mengusung desain teknologi Reno Glow. Teknologi ini sendiri merupakan peningkatan dari Oppo Glow yang disebut Oppo lebih tahan terhadap goresan.

Oppo Reno7 dalam foto yang dibagikan memiliki warna gradasi antara biru gelap dengan biru keabuan.

Warna ini tampak berbeda dengan Reno7 versi China. Reno7 yang diluncurkan di China juga memiliki gradasi, namun dengan warna yang lebih cerah, seperti biru muda dan ungu muda serta warna gold dengan gradasi salem.

Baca juga: Oppo Akan Bawa Ponsel dengan Sensor Sony IMX709 ke Indonesia, Reno7 Series?

Oppo Reno7 versi ChinaGSM Arena Oppo Reno7 versi China

Bocoran Spesifikasi Reno7 di Indonesia

Oppo Reno7 sudah mendapat sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan nilai TKDN 31,15 persen.

Perangkat ini juga lolos uji dan memperoleh sertifikat dari Direktorat Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika (Postel). Dengan demikian, secara teoritis, perangkat ini siap diluncurkan di pasar Indonesia.

Oppo Reno series merupakan perangkat kelas menengah yang hadir dengan fitur andalan kamera depan maupun kamera belakang. Salah satu fitur yang hadir pada Oppo Reno Series yaitu fitur Portrait.

Reno7 akan menggunakan sensor Sony IMX709 yang merupakan sensor hasil kolaborasi Sony dengan Oppo. Sensor ini diklaim membawa 60 persen peningkatan sensitifitas cahaya dan 35 persen lebih rendah noise jika dibandingkan sensor yang terdapat pada Reno6.

Kerja sama Oppo dan Sony dalam mengembangkan sensor IMX709 melibatkan 300 insinyur dan menghabiskan waktu sekitar tiga tahun. Oppo bahkan menggelontorkan lebih dari 1,5 dollar AS atau sekitar Rp 21,5 miliar untuk mengembangkan sensor tersebut.

Baca juga: Oppo Reno7, Reno7 Pro, dan Reno7 SE Meluncur, Ini Harga dan Speknya

Sony IMX709 juga hadir dengan model pencahayaan RGBW generasi baru. Dijelaskan Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia, dukungan tersebut memungkinkan sensor untuk menghasilkan warna yang lebih tajam karena setiap satu pixel rate RGB akan didampingi dengan dua pixel white, sehingga sensor tersebut mampu menangkap lebih banyak warna.

Karena dikembangkan Oppo bersama Sony, sensor IMX709 tidak akan digunakan oleh vendor ponsel lainnya, kecuali OnePlus yang kini satu naungan dengan Oppo. Selain fitur portrait, Reno7 juga dipastikan mendukung jaringan 5G.

Aryo mengatakan, Oppo sudah melakukan berbagai uji jaringan 5G dengan beberapa operator lokal yang telah menggelar teknologi 5G. Dengan demikian, Aryo menjanjikan bahwa Reno7 akan kompatibel dengan jaringan 5G di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com