3 Jenis Komputer Berdasarkan Data yang Diolah: Analog, Digital, dan Hybrid

Kompas.com - 08/02/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Komputer memiliki beberapa jenis. Klaisfikasinya biasanya didasarkan pada ukuran, penggunaan, atau fungsinya.

Berdasarkan jenis data yang diolah, ada tiga jenis komputer yang dikenal, yaitu komputer analog, digital, dan hybrid.

 

Masing-masing jenis komputer tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Berikut penjelasan lengkap jenis-jenis komputer berdasarkan data yang diolah, mencakup komputer analog, komputer digital, dan komputer hybrid, dirangkum KompasTekno dari Digital World.

Komputer analog

Komputer analogelettroamici Komputer analog

Daftar pertama jenis komputer berdasarkan data yang diolah adalah komputer analog. Komputer analog merupakan mesin paling awal yang dikembangkan.

Sesuai namanya, komputer analog hanya bisa digunakan untuk mengolah data analog.
Komputer ini memproses data secara terus menerus dan tidak ada jeda. Komputer ini lebih digunakna untuk mengukur sesuatu, bukan untuk menghitung atay menganalisa data.

Komputer ini dirancang khusus untuk mengukur dan melakukan perhitungan aritmatika angka, di mana angka direpresentasikan dalam jumlah fisik.

Baca juga: Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

Output yang dihasilkan perangkat analog juga berupa grafik atau sinyal. Adapun beberapa contoh komputer analog dalam kehidupan sehari-sehari seperti termometer, voltmeter (pengukur tegangan listrik), dan seismometer atau alat pengukur kekuatan gempa.

Terdapat kelebihan menggunakan komputer analog, yaitu dapat menunjukkan hasil dengan cara yang sederhana dalam waktu singkat.

Sedangkan kelemahannya adalah akurasi dan fleksibilitas penggunaan yang kurang, sehingga bisa memunculkan hasil yang berbeda dalam setiap pengukuran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.