Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo: 5G di Indonesia Merata pada 2025

Kompas.com - 08/02/2022, 12:03 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memperkirakan jaringan 5G akan tersedia secara merata di Indonesia pada 2025.

Menurut Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail, prediksi ini berkaca dari implementasi jaringan 4G yang butuh waktu sekitar enam sampai tujuh tahun.

"Maka 5G tentu kami harapkan akan bisa lebih cepat. Kami harapkan 2024 sampai 2025 sudah bisa meluas dan merata seperti halnya kondisi 4G seperti sekarang," kata Ismail dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (8/2/2022).

Menurut Ismail, ada dua kunci pemerataan jaringan 5G di Indonesia yakni tepat waktu dan tepat sasaran.

Ismail mengatakan, jika adopsi 5G terlalu lambat, maka Indonesia hanya akan menjadi pasar dan tidak menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Baca juga: Pengguna iPhone di Indonesia Mulai Bisa Akses Jaringan 5G

"Implementasi 5G ini adalah keniscayaan, tapi, harus diatur ritme dan timing0nya agar implementasinya benar-benar produktif untuk kepentingan bangsa dan negara," kata Ismail.

Tidak hanya soal kecepatan

Usia 5G di Indonesia sendiri belum sampai satu tahun.

Jaringan 5G pertama kali hadir di Indonesia pada pertengahan 2021 lalu. Telkomsel adalah operator seluler pertama yang menggelar 5G di Tanah Air.

Ismail mengatakan, teknologi 5G sangat berbeda dengan 4G dan tidak hanya soal kecepatan. Inilah yang membuat teknologi 5G menjadi bagian besar dari transformasi digital.

Berbeda saat Indonesia bermigrasi dari teknologi 3G ke 4G, teknologi 5G memiliki banyak keunggulan salah satunya adalah latensi yang sangat rendah.

Baca juga: Membuktikan Janji Xiaomi 11T Langsung Nyambung 5G di Indonesia

"5G juga mampu meng-handle perangkat dalam jumlah yang sangat besar dan kemampuan-kemampuan dari 5G ini yang membuat nuansa perkembangan 4G menjadi 5G menjadi lebih luas dari sekedar persoalan user experience," ungkap Ismail.

Selain itu, manfaat lain teknologi 5G yang telah menjadi isu saat ini adalah penggunaan Virtual Reality dan Augmented Reality yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk Metaverse.

"Di sini, ada persoalan-persoalan atau opportunity-opportunity yang ada dalam hal ini adalah untuk memanfaatkan kemampuan latensi yang rendah tadi," kata Ismail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com