2 Cara Cek Resi Shopee Express lewat Ponsel

Kompas.com - 08/02/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Ada berbagai macam jasa kirim atau ekspedisi yang bisa dipakai untuk mengirim barang belanjaan di platform marketplace Shopee, salah satunya yakni lewat Shopee Express.

Shopee Express atau yang disingkat dengan SPX merupakan layanan jasa kirim resmi milik Shopee. Biasanya, Shopee menawarkan promo seperti potongan biaya pengiriman apabila pengguna memakai layanan Shopee Express.

Selain itu, Shopee Express juga menawarkan pelacakan barang yang dikirim secara online melalui nomor resi. Cara cek resi Shopee Express secara umum sama dengan layanan ekspedisi lainnya.

Pengguna hanya perlu memasukkan nomor resi atau nomor tanda bukti pengiriman barang ke platform online yang tersedia. Setelah itu, bakal muncul riwayat pengiriman barang.

Dalam riwayat pengiriman barang itu, pengguna bisa memantau posisi terakhir dari barangnya, apakah masih dalam perjalanan atau sudah sampai di alamat tujuan.

Baca juga: Salah Beli Barang? Ini Syarat, Ketentuan, dan Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cek resi Shopee Express secara online ini memungkinkan pengguna melacak proses pengiriman barang hanya melalui layar ponsel. Jadi, pengguna tidak perlu repot mengunjungi kantor cabang Shopee Express terdekat hanya untuk memeriksa posisi barang.

Pengguna bisa cek resi Shopee Express melalu berbagai cara, bisa lewat kunjungan ke situs web maupun aplikasi Shopee. Asalkan memiliki nomor resi dari Shopee Express, pengguna bisa langsung memeriksa posisi barangnya kapanpun dan dimanapun.

Nomor resi biasanya diberikan pengirim apabila telah menyelesaikan pengaturan pengiriman barang dengan layanan Shopee Express. Nomor resi itu bakal tertera bersama informasi alamat pengiriman yang menempel pada kemasan paket.

Baca juga: Cara Memilih Jasa Pengiriman di Shopee

Ingin mengetahui posisi barang kiriman di Shopee Express? Simak penjelasan dua cara cek resi Shopee Express lewat ponsel berikut ini:

Cara cek resi Shopee Express via situs web

  • Buka situs web https://spx.co.id berikut ini lewat browser di ponsel 
  • Pada halaman awal situs web, bakal muncul langsung kolom kosong untuk cek resi Shopee Express
  • Masukkan nomor resi yang tertera pada paket Anda
  • Kemudian klik opsi “Lacak”, lalu web bakal menampilkan status pengiriman paket dari nomor resi tersebut.

Cara cek resi Shopee Express via aplikasi Shopee

  • Buka aplikasi Shopee di ponsel Anda
  • Lalu, klik tab "Saya" yang berada di bagian bawah layar aplikasi
  • Setelah itu, pada bagian "Pesanan Saya" klik opsi "Dikirim"
  • Selanjutnya, klik pada ikon mobil untuk memeriksa keberadaan barang yang sedang dikirim.

Dikutip dari laman resmi Shopee, cara di atas berlaku bagi semua jenis layanan Shopee Express, yang meliputi Shopee Express Standart, Shopee Express Sameday, Shopee Express Instan, dan Shopee Express Hemat.

Pengiriman barang dengan jenis layanan Shopee Express Standart dan Hemat membutuhkan waktu kirim lebih dari satu hari. Sedangkan untuk Shopee Express Sameday dan Instan, barang bakal sampai ke penerima dengan waktu paling lama tidak sampai satu hari.

Baca juga: Cara Pesan Dua Barang yang Sama dengan Warna Berbeda di Shopee dan Tokopedia

Pengiriman Shopee Express Sameday dan Instan mengharuskan pembeli berada dalam lokasi yang terjangkau oleh penjual. Tiap layanan memiliki biaya pengiriman yang berbeda, tergantung dari jarak pengiriman dan berat barang.

Apabila mengalami kendala saat cek resi Shopee Express, Anda bisa juga menghubungi Tim Shopee Express Support di nomor (021) 1500702. Itulah cara cek resi Shopee Express, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.