Kompas.com - 08/02/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Shopee PayLater atau disingkat SPayLater merupakan salah satu layanan pembayaran yang disediakan oleh platform marketplace Shopee. SPayLater memungkinkan pengguna untuk membeli barang dengan dana yang dipinjamkan dulu oleh Shopee.

Setelah membeli barang menggunakan SPayLater, pengguna bakal mendapat tagihan yang harus dibayarkan ke Shopee sejumlah saldo yang dipinjam. Pembayaran tagihan tersebut bisa dilakukan secara kontan pada bulan berikutnya.

Atau, dibayarkan lewat metode cicilan per bulan dengan termin yang bisa dipilih antara tiga bulan, enam bulan, atau 12 bulan. Tiap pengguna Shopee memiliki jumlah saldo SPayLater yang berbeda-beda.

Saldo atau limit pinjaman SPayLater pada satu akun Shopee bisa mencapai puluhan juta. Namun, pengguna sebenarnya tidak bisa meminta Shopee untuk menaikkan jumlah saldo tersebut.

Shopee bakal menaikkan saldo SPayLater secara otomatis dengan melihat performa pengguna dalam bertransaksi.

Baca juga: Cara Daftar Shopee Affiliates untuk Tambah Penghasilan

Berdasarkan pantauan KompasTekno di layanan SPayLater, Shopee menyatakan belum memiliki mekanisme khusus bagi pengguna untuk menaikkan saldo SPayLater.

Jadi untuk saat ini, pengguna belum bisa mengajukan permohonan untuk menaikkan saldo SPayLater. Meski demikian, Shopee menyebutkan ada dua cara menambah saldo SPayLater yang bisa dilakukan pengguna.

Informasi dari aplikasi Shopee mengenai cara menaikkan saldo SPayLaterShopee Informasi dari aplikasi Shopee mengenai cara menaikkan saldo SPayLater

Pertama, cara menaikkan limit SPayLater adalah dengan meningkatkan penggunaan SPayLater saat belanja barang di Shopee. Jumlah transaksi menggunakan SPayLater bakal direkam oleh Shopee dan menjadi pertimbangan untuk menambah saldo SPayLater di akun Anda.

KompasTekno sempat menjajal SPayLater dalam beberapa bulan, saldo yang diberikan Shopee awalnya hanya sebesar Rp 750.000. Kemudian, dengan meningkatkan belanja menggunakan SPayLater, saldo yang bisa dipinjam kini bisa menyentuh Rp 9 juta.

Kenaikan saldo SPayLater itu juga berjalan otomatis tanpa harus repot-repot mengajukan permohonan ke Shopee.

Baca juga: Berapa Denda Telat Bayar Shopee PayLater?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.