Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Bandwidth Beserta Fungsi dan Jenisnya

Kompas.com - 08/02/2022, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

Sumber lifewire

KOMPAS.com - Bagi Anda yang kerap bersinggungan dengan internet mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Bandwidth. Bagi sebagian orang, Bandwidth biasanya digunakan untuk menyebut suatu kecepatan dari jaringan internet.

Bandwidth lekat dengan satuan bits per second (bps) pada sebuah jaringan internet, misalnya Mbps (Megabits per second), Kbps (Kilobits per second), dan sebagainya.

Dengan adanya satuan tersebut, sebagian orang mungkin akhirnya mengasosiasikan Bandwidth sebagai kecepatan dari jaringan internet.

Di sisi lain, secara bahasa, Bandwidth sendiri sebenarnya tidak punya arti sebagai kecepatan internet, melainkan artinya adalah lebar pita. Lantas, benarkah Bandwidth itu dapat diartikan sebagai kecepatan jaringan internet?

Baca juga: Cara dan Perangkat untuk Mengakses Internet

Simak rangkuman KompasTekno terkait pengertian Bandwidth beserta fungsi dan jenisnya, berikut ini:

Pengertian Bandwidth

Dalam internet, pengertian Bandwidth dapat dipahami sebagai kapasitas, kuota, atau volume dari sebuah jaringan internet yang digunakan untuk menerima dan mengirim data per detik. Sebab itu, satuan Bandwidth adalah bps (bits per second).

Secara rupa, Bandwidth paling mudah mungkin bisa dianalogikan seperti pipa yang biasa digunakan untuk menghantarkan air dari satu titik ke titik lainnya. Pipa ini memiliki volume tertentu agar bisa menghantarkan air.

Volume pada pipa itu yang dapat dikatakan mirip dengan Bandwidth. Sedangkan air yang dihantarkan lewat pipa, ibaratkan seperti data yang ditransfer dalam internet. Semakin besar volume pipa maka air bisa dihantarkan dengan lebih cepat untuk sampai ke titik lain.

Begitu pula dengan Bandwidth, apabila volume atau kuota dari jalur internet memiliki ukuran yang besar maka transfer data juga bakal berjalan lebih cepat, sebagaimana dilansir Lifewire, Senin (7/02/2022).

Dalam pengertian lain, Bandwidth adalah kuota maksimum dari data yang bisa ditransfer per detik dalam jaringan internet. Bandwidth memang memiliki arti yang sedikit mirip dengan kecepatan internet namun sebenarnya sangat berbeda.

Baca juga: Apa Itu Internet of Things (IoT) dan Hubungannya dengan 5G?

Kecepatan internet mengacu pada tingkat kecepatan transfer data. Sementara itu, Bandwidth adalah kapasitas, volume, atau kuota maksimum yang bersifat tetap dari kecepatan itu.

Misalnya, Anda punya jaringan internet WiFi dengan kecepatan transfer data hingga 10 Mbps. Lalu, Anda ingin mengakses layanan internet, seperti streaming, main game, dan unduh file secara bersamaan di lima perangkat.

Jaringan internet WiFi bisa membagi kecepatan transfer data secara rata pada lima perangkat itu. Jadi, masing-masing perangkat dapat mengakses layanan dengan kecepatan 2 Mbps karena kuota maksimum dari Bandwidth-nya adalah 10 Mbps.

Fungsi Bandwidth

Dari penjelasan pengertian di atas, dapat disimpulkan setidaknya Bandwidth memiliki beberapa fungsi untuk mengatur jaringan internet. Adapun fungsi Bandwidth meliputi:

Jalur transfer data

Bandwidth dalam internet memilki fungsi sebagai jalur transfer data. Seperti analogi pipa dan air di atas, Bandwidth menjadi jalur yang menghubungkan jaringan internet dari satu perangkat ke yang lainnya agar bisa melakukan transfer data.

Halaman:
Sumber lifewire
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com