Tak Perlu ke Apotek, Begini Cara Beli Obat di Gojek

Kompas.com - 08/02/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Membeli obat kini tak perlu ke Apotek. Memanfaatkan layanan yang ada di Gojek, pengguna bisa membeli obat secara online hanya lewat layar ponsel.

Gojek telah berkembang lebih dari sekedar platform penyedia layanan antar jemput online, dengan dihadirkannya layanan GoMed. Layanan yang diluncurkan pada 2016 itu memungkinkan pengguna untuk memenuhi kebutuhan produk medis secara mudah.

Pengguna bisa memesan berbagai jenis obat sesuai kebutuhan dengan menggunakan GoMed. Dalam mengembangkan layanan GoMed, Gojek tidak bekerja sendiri.

Baca juga: Pengguna Tokopedia Bisa Beri Tip untuk Kurir GoSend dari Aplikasi

Perusahaan telah membangun kerja sama dengan platform telemedicine Halodoc yang berlangsung sejak tahun 2017. Kerja sama ini membuat GoMed terintegrasi dengan layanan pada Halodoc.

Cara beli obat di GoMed secara umum sebenarnya sama seperti membeli makanan di GoFood. Pengguna hanya perlu membuka Gojek lalu memilih menu GoMed. Namun selanjutnya, aplikasi Gojek secara otomatis akan membuka aplikasi Halodoc.

Kemudian, pengguna bakal dialihkan untuk melakukan pembelian obat di apliklasi Halodoc. Jadi, sebelum Anda beli atau pesan obat di Gojek, pastikan telah memiliki aplikasi Halodoc di ponsel. 

Anda bisa mengunduhnya dulu di toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk ponsel iOS). Apabila sudah memiliki aplikasi Halodoc, silahkan ikuti penjelasan cara beli obat di Gojek berikut ini:

  • Buka aplikasi Gojek versi terbaru yang ada di ponsel Anda
  • Setelah itu, klik opsi "Lainnya" pada halaman awal aplikasi
  • Dalam opsi "Lainnya" Anda akan disajikan dengan berbagai macam layanan Gojek. Lalu, gulir layar ke bawah sampai menemukan pilihan menu "GoMed"
  • Tekan menu "GoMed", kemudian Anda bakal dialihkan pada aplikasi Halodoc dan langsung menuju ke menu "Toko Kesehatan"
  • Selanjutnya, Anda bisa mulai untuk mencari obat yang dibutuhkan
  • Caranya, masukkan nama obat pada kolom pencarian yang tersedia
  • Setelah obat muncul, klik opsi "Tambah"
  • Kemudian, klik opsi "Keranjang"
  • Tunggu beberapa saat, Halodoc bakal mencarikan obat tersebut di apotek terdekat yang jadi rekanannya
  • Pastikan lokasi pengiriman sudah sesuai dengan alamat Anda, kemudian klik opsi "Lanjutkan pembayaran"
  • Ikuti instruksi selanjutnya untuk menyelesaikan pembayaran
  • Total pembayaran itu meliputi harga obat dan biaya kirim.

Biaya kirim tergantung dari jarak dan opsi pengiriman yang dipilih. Saat ini, Halodoc telah menyediakan tiga opsi pengiriman pesanan, antara lain Instan, Dijadwalkan, dan Standar.

Baca juga: Cara Isi Saldo GoPay dengan Memotong Pulsa

Masing-masing opsi pengiriman memiliki perbedaan waktu kirim. Pada opsi pengiriman Instan, obat bakal dikirim di hari yang sama dalam waktu satu jam setelah pembayaran berhasil.

Sedangkan opsi pengiriman Dijadwalkan, waktu kirimnya dilakukan pada hari berikutnya setelah pembayaran berhasil. Untuk opsi pengiriman Standar, obat bakal dikirim dalam waktu satu hingga empat hari setelah pembayaran berhasil.

Sementara itu, anda bisa melakukan pembayaran lewat beberapa metode yang disediakan, seperti dompet digital GoPay, LinkAja, dan Halodoc, atau bisa juga lewat nomor virtual account dari bank BCA, Mandiri, dan BNI.

Baca juga: Cara Top Up Saldo Ovo, GoPay, dan ShopeePay via BCA

Selesai membayar, pesanan obat bakal diambil dan dianter driver Gojek ke alamat Anda. Demikian cara beli obat di Gojek, semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.