Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan 6 Hal Ini jika Paket Internet Telkomsel Tidak Bisa Digunakan meski Sudah Aktif

Kompas.com - 09/02/2022, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Telkomsel

KOMPAS.com - Pernah mengalami paket data internet Telkomsel aktif tapi tidak bisa dipakai untuk browsing? Jika ya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut.

Sebagian pelanggan Telkomsel mungkin pernah mengalami persoalan tidak bisa mengakses layanan internet, seperti browsing atau streaming, padahal paket internet telah aktif.

Penyebab persoalan tersebut bermacam-macam, bisa karena lokasi tempat pengguna berada yang jauh dari jangkauan jaringan internet, atau bisa juga karena sambungan APN (Access Point Name) yang belum diatur.

Ada enam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tidak bisa browsing meski paket internet Telkomsel telah aktif.

Baca juga: Kartu Telkomsel Hangus Bisa Diaktifkan Lagi lewat 3 Cara Ini

Berikut ini adalah cara-cara tersebut sebagaimana dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Telkomsel.

1. Pastikan pulsa seluler tidak habis

Cara pertama mengatasi paket internet yang tidak bisa digunakan adalah dengan memastikan pulsa seluler tidak habis. Jaringan internet bisa diakses menggunakan biaya dari pulsa, selain dari kuota internet.

Jaringan internet yang aktif di suatu ponsel biasanya ditandai dengan munculnya ikon panah naik turun di samping bar sinyal. Jika ikon tersebut muncul tapi tidak bisa mengakses layanan internet, coba periksa apakah Anda memiliki cukup pulsa atau tidak.

Caranya, lakukan panggilan telepon pada kode USSD *888#. Jika pulsa habis tapi Anda tidak memiliki kuota internet maka paket internet telkomsel jadi tidak bisa digunakan.

Selain itu, bagi pengguna kartu pascabayar, pastikan Anda tidak memiliki tunggakan tagihan.

2. Memastikan ketersediaan kuota Internet

Selain pulsa, mengakses jaringan internet bisa menggunakan kuota internet. Jadi, cara mengatasi persoalan paket internet Telkomsel tidak bisa digunakan adalah dengan memastikan ketersediaan kuota internet.

Cek ulang apakah kuota internet yang Anda beli memang sudah benar-benar aktif.

Kuota internet telkomsel bisa dicek lewat panggilan telepon dengan kode USSD *363#. Apabila kuota internet habis maka paket internet telkomsel juga tidak bisa digunakan.

3. Atur APN secara benar

Cara berikutnya untuk mengatasi paket internet Telkomsel tidak bisa dipakai buat browsing adalah dengan mengatur APN secara benar di ponsel.

Pengaturan APN ini biasanya terletak di opsi pengaturan jaringan seluler pada ponsel dengan sistem operasi Android maupun iOS.

Kemudian, biasanya bakal terdapat tiga kolom untuk mengatur APN, kolom pertama "APN" diisi dengan nama "Internet", sedangkan pada dua kolom berikutnya, "username" dan "password", tidak usah diisi.

Baca juga: Cara Pinjam Pulsa Darurat Telkomsel, Indosat, dan XL dengan Kode Dial

Halaman:
Sumber Telkomsel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com