6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Kompas.com - 09/02/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Ada berbagai macam perangkat keras untuk mengakses internet di komputer, salah satunya seperti modem. Perangkat keras tersebut memiliki fungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

Kebutuhan akan akses internet kini tampaknya tak dapat dihindarkan, ada beberapa bidang pekerjaan yang sangat membutuhkan jaringan internet, misalnya pada sektor industri digital.

Pekerjaan yang banyak diselesaikan lewat komputer, seperti berkirim e-mail atau menggungah dokumen, tentu harus membutuhkan akses internet. Untuk mengakses internet pada komputer, dibutuhkan berbagai macam perangkat keras pendukung lainnya.

Baca juga: Cara dan Perangkat untuk Mengakses Internet

Jadi, selain perangkat keras yang ada di komputer, seperti monitor, keyboard, CPU, dan sebagainya, komputer tetap memerlukan perangkat keras untuk mengakses internet secara khusus.

Selengkapnya, simak enam macam perangkat keras untuk mengakses internet dan fungsinya, berikut ini:

1. WiFi Card

Perangkat keras komputer untuk mengakses internet yang pertama adalah WiFi Card atau kartu WiFi. Ada dua jenis WiFi Card, yakni WiFi Card internal dan eksternal. WiFi Card internal biasanya terletak pada motherboard di dalam CPU komputer.

Sedangkan WiFi Card eksternal, biasanya disambungkan lewat port USB yang ada di CPU komputer. Fungsi perangkat keras ini adalah untuk menangkap jaringan internet dari koneksi WiFi yang dipancarkan oleh router atau modem, lalu ditransmisikan ke komputer.

2. Ethernet Card

Ilustrasi ethernet cardpixabay.com Ilustrasi ethernet card

Selanjutnya, perangkat keras komputer untuk mengakses internet adalah Ethernet Card atau kartu Ethernet. Perangkat keras ini juga biasanya terletak pada motherboard di dalam CPU Komputer untuk menambahkan port Ethernet.

Fungsi perangkat keras ini adalah sebagai tempat atau port untuk menyambungkan kabel dari router atau modem ke komputer. Port Ethernet yang tersambung dengan kabel itu bisa mentransmisikan jaringan internet ke komputer.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.