Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Matikan Autocorrect dan Mengaktifkan Teks Prediktif di iPhone

Kompas.com - 09/02/2022, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian pengguna iPhone, mungkin merasa fitur Autocorrect atau Auto Text pada papan ketik ponsel justru kerap menganggu. Pasalnya, fitur Autocorrect iPhone kadang malah memberikan perbaikan kata yang tidak sesuai dengan maksud pengguna.

Ketidaksesuaian ini sering dijumpai pada pengguna iPhone yang mengatur bahasa pada perangkat dengan memakai bahasa Inggris. Fitur Auto Text atau koreksi otomatis bakal memberikan perbaikan sesuai dengan koleksi kata bahasa Inggris di iPhone.

Jadi, saat Anda mengetik kata berbahasa Indonesia, yang muncul nanti justru kata yang disesuaikan dalam bahasa Inggris. Misalnya Anda mengetik "teh", dengan fitur Autocorrect, kata tersebut bakal otomatis disesuaikan jadi "the" setelah mengetuk spasi.

Baca juga: Dua Cara Cek Garansi iPhone

Dengan demikian, fitur koreksi otomatis malah membuat pengalaman mengetik jadi tidak nyaman. Pengguna harus menghapus kata yang disesuaikan oleh fitur ini terlebih dahulu, lalu mengetik ulang kata tersebut agar muncul dengan tepat sesuai maksudnya.

Sementara itu, fitur Autocorrect iPhone sebenarnya bisa dimatikan atau dinonaktifkan oleh pengguna lewat menu pengaturan perangkat. Selengkapnya, berikut penjelasan cara matikan Autocorrect di iPhone.

  • Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu "Pengaturan" atau "Settings"
  • Kemudian, klik opsi "Umum" atau "General"
  • Gulir ke bawah, lalu klik opsi "Papan Ketik"
  • Geser toggle "Koreksi Otomatis" ke warna abu-abu untuk mematikan fitur Autocorrect.

Ilustrasi cara matikan autocorrect dan mengaktifkan teks prediktif di iPhoneKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara matikan autocorrect dan mengaktifkan teks prediktif di iPhone

Sebagaimana tertera di atas, Autocorrect adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk terhindar dari kesalahan pengetikan. Di sisi lain, ternyata koleksi kata iPhone tidaklah lengkap, sehingga perbaikan kata dari Autocorrect iPhone justru menimbulkan kesalahan pengetikan.

Baca juga: Cara Mengaktifkan 5G di iPhone 12 dan iPhone 13

Selain koreksi otomatis, papan ketik iPhone juga punya fitur lain yang lebih menarik dan mungkin lebih berguna, yakni predictive text atau teks prediktif.

Teks prediktif merupakan fitur yang memungkinkan pengguna memperoleh prediksi teks, yang lebih cocok dari sebuah kata. Selain teks, fitur ini juga bisa memberikan prediksi emoji yang mungkin juga lebih cocok untuk menggantikan suatu kata.

Misalnya, Anda sedang mengetik kata tertentu di iPhone, fitur ini bakal menampilkan prediksi teks atau emoji pada kolom khusus di atas papan ketik. Lalu, Anda bisa memilih teks atau emoji yang tersaji di kolom itu untuk menggantikan kata yang telah diketik.

Fitur teks prediktif tidak bisa dipakai di semua pengaturan bahasa iPhone. Hanya bahasa tertentu seperti bahasa Inggris, yang bakal tersedia opsi untuk mengaktifkan fitur teks prediktif di iPhone.

Baca juga: Ciri-ciri iPhone HDC, Apa Bedanya dengan iPhone Original?

Jika iPhone menggunakan pengaturan bahasa Inggris, Anda dapat mengaktifkan fitur teks prediktif di iPhone lewat menu pengaturan papan ketik, kemudian menggeser toggle "Predictive Text" ke warna hijau.

Dalam kesempatan ini, KompasTekno menggunakan iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.2. Beda versi iOS, mungkin bakal beda juga letak opsinya. Itulah cara matikan Autocorrect dan mengaktifkan teks prediktif di iPhone, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com