Kompas.com - 10/02/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Ajang balapan MotoGP bukan sekadar tentang motor, mesin, dan pembalap, melainkan juga melibatkan data di dalamnya.

Data tersebut dipanen dari puluhan sensor yang dipasang di motor MotoGP, seperti sensor telemetri yang mencatat aktivitas gas, rem, kecepatan, suhu, sudut kemiringan motor di tikungan, hingga semua konfigurasi mesin serta kontrol elektronik dan aerodinamika.

"Dalam balapan, kami mengoleksi data dalam jumlah besar dan menganalisanya sedemikian rupa, sehingga membantu dalam memenangi balapan," kata Stefano Rendina, IT Manager Ducati Corse, dikutip KompasTekno dari blog Lenovo, Kamis (10/2/2022).

Baca juga: Cara Beli Tiket MotoGP Mandalika 2022 Secara Online dan Daftar Harganya

Menurut Rendina, dalam satu motor Ducati Desmosedici terdapat setidaknya 50 sensor, yang dalam sekali balapan mengumpulkan kurang lebih data sebesar 20 GB.

Berapa lama data itu ditransfer? Tim Suzuki MotoGP dalam situs resminya mengatakan hal itu tergantung pada ukuran data dan jumlah putaran sirkuit. Suzuki memberikan estimasi waktu transfer satu menit untuk mengunduh data yang didapat setiap tujuh putaran/lap.

Sementara dalam sekali "colok" di garasi, Suzuki mengaku data yang bisa ditransfer dari motor ke laptop kurang lebih mencapai 500 MB.

Data-data yang dipanen selama sesi latihan (hari Jumat dan Sabtu) inilah yang digunakan untuk menentukan setingan motor saat balapan di hari Minggu.

Baca juga: Demi MotoGP Mandalika, Kominfo Janji Sediakan Internet Kencang

Tentunya, seiring dengan balapan berlangsung, seting yang dipakai saat start atau di awal balapan akan berbeda saat di tengah atau di akhir balapan.

Itu karena parameter motor dan balapan juga berubah, seperti bahan bakar, suhu udara, temperatur aspal/ban, kebutuhan untuk menyalip motor di depan, dan sebagainya.

Pembalap kemudian bisa mengutak-atik setingan motornya, seperti seting ECU, kontrol traksi, anti-wheelie, kekuatan pengereman, dsb. melalui tombol-tombol di setang motor.

Baca juga: Melihat Perjalanan Data di Balapan Formula 1

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.