Kompas.com - 10/02/2022, 11:09 WIB

KOMPAS.com - Setelah dinanti-nanti, trio ponsel flagship dari keluarga Samsung Galaxy S22 series akhirnya resmi diluncurkan, yaitu Galaxy S22, Galaxy S22+, dan Galaxy S22 Ultra.

Dari ketiganya, Galaxy S22 Ultra yang diposisikan sebagai model teratas mendapatkan perubahan besar-besaran dibanding pendahulunya, Galaxy S21 Ultra yang dirilis pada 2021 lalu.

Salah satu perubahan terbesar adalah Galaxy S22 Ultra, kini, sudah dibekali dengan pena digital (stylus) S Pen bawaan alias built-in di dalam bodi ponsel. Adanya dukungan S Pen built-in ini membuat Galaxy S22 Ultra semakin mirip dengan ponsel dari keluarga Galaxy Note.

Selain itu, mengingat Samsung tak jadi merilis model Galaxy Note terbaru, tak heran bila muncul spekulasi yang menyebutkan bahwa Galaxy S22 Ultra disiapkan sebagai smartphone pengganti Galaxy Note.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy S22 Ultra, Serupa Galaxy Note dan Punya Stylus Bawaan

Galaxy S21 Ultra menggunakan S Pen.Samsung Galaxy S21 Ultra menggunakan S Pen.
Gelagat Samsung menjadikan versi "ultra" dari lini ponsel flagship Galaxy S sebagai "pengganti" jajaran ponsel Galaxy Note agaknya sudah mulai terendus sejak tahun lalu.

Ketika meluncurkan jajaran Galaxy S21 series pada Januari 2021, Samsung untuk pertama kalinya menyertakan dukungan stylus S Pen di luar lini ponsel Galaxy Note, yaitu pada model Galaxy S21 Ultra.

Padahal sebelumnya, S Pen adalah fitur eksklusif yang hanya tersedia di jajaran ponsel Galaxy Note.

Karena pertama kali diperkenalkan, S Pen pada Galaxy S21 Ultra dijual secara terpisah bersama dengan bookcover. Hal ini dikarenakan bodi ponsel Samsung S21 Ultra tidak memiliki kompartemen khusus untuk menyimpan dan mengisi daya S Pen, layaknya di Galaxy Note.

Nah, yang menarik, tahun 2022 ini, Samsung benar-benar menyertakan dukungan S Pen sepenuhnya pada ponsel flagship terbarunya, Galaxy S22 Ultra. Maksudnya, Samsung secara resmi telah membekali Galaxy S22 Ultra dengan stylus S Pen bawaan.

Karena sudah memiliki S Pen bawaan, Galaxy S22 Ultra, kini, juga memiliki kompartemen khusus di sisi kiri bawah bodi ponsel untuk menyimpan sekaligus mengisi daya S Pen, persis seperti di ponsel Galaxy Note.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.