3 Cara Menghapus Cache di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 10/02/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Bagi pengguna baru iPhone, mungkin bakal sedikit bingung dengan sistem manajemen memori perangkat. Biasanya ponsel lain terdapat opsi untuk membersihkan chace, tapi tidak dengan di iPhone.

Cache atau data sementara yang berisi kumpulan aktivitas pengguna saat mengakses aplikasi atau situs web, kadang jadi momok tersendiri. Data itu bisa menumpuk dan ikut tersimpan di memori seiring banyaknya aktivitas pengguna di situs web dan aplikasi.

Aktivitas yang bisa jadi cache antara lain seperti melihat konten berupa foto atau video di aplikasi dan situs web. Sebenarnya, keberadaan cache cukup berguna bagi ponsel dan pengguna, dalam hal mengakses konten pada aplikasi atau situs web.

Baca juga: Cara Matikan Autocorrect dan Mengaktifkan Teks Prediktif di iPhone

Dengan adanya cache, ponsel tidak perlu bekerja keras untuk memuat ulang aplikasi dan situs web agar bisa menampilkan konten yang ada di dalamnya. Konten bakal bisa diakses dengan cepat.

Kemudian, pengguna juga tidak perlu menunggu lama agar ponsel bisa menampilkan konten tersebut. Di sisi lain, data sementara yang menumpuk bisa memakan ruang di memori ponsel.

Alhasil, memori ponsel tiba-tiba bisa penuh karena pengguna kadang tidak sadar telah membuat cache terlalu banyak. Biasanya di beberapa ponsel Android memang disediakan opsi khusus untuk menghapus cache, yang bisa diakses lewat pengaturan perangkat.

Sedangkan iPhone tidak memiliki tombol atau opsi khusus untuk menghapus cache. Lantas, bagaimana cara menghapus cache di iPhone?

Dikutip dari laman resmi Apple, sistem operasi iPhone bakal menghapus cache atau data sementara secara otomatis, apabila perangkat dirasa sedang membutuhkan ruang memori yang cukup banyak. Jadi, Anda tidak perlu repot menghapus cache iPhone.

Meski demikian, pengguna bisa menghapus cache iPhone secara manual. Cara menghapus cache iPhone cukup mudah, tidak membutuhkan layanan dari aplikasi tambahan.

Baca juga: Cara Mengatasi iPhone Mati Mendadak padahal Masih Ada Daya

Selengkapnya, simak cara menghapus cache di iPhone berikut ini:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.