Cara Mengamankan Akun Instagram dan Cegah "Bullying"

Kompas.com - 10/02/2022, 17:01 WIB

KOMPAS.com - Hari Internet Aman Sedunia diperingati pada tanggal 8 Februari. Sebagai platform media sosial, Instagram turut memperingati tanggal tersebut dengan membagikan sejumlah tips aman berselancar di internet, khususnya di aplikasi Instagram.

Terdapat empat tips yang dibagikan Instagram melalui blog resmi perusahaan, di antaranya tips mengamankan akun, menghindari penguntit (stalker), hingga tips mencegah konten perundunganan (bullying).

Cara ini ditujukan perusahaan agar membantu pengguna untuk tetap aman selama menggunakan Instagram. Berikut rinciannya.

Gunakan fitur Security Checkup

Untuk mengamankan akun, Instagram telah menghadirkan fitur Pemeriksaan Keamanan (Security Checkup) pada akhir tahun lalu.

Baca juga: Kenapa Arsip di Instagram Tidak Muncul dan Cara Mengatasinya

Melalui fitur ini, pengguna dapat memeriksa aktivitas login akun, meninjau informasi profil, mengonfirmasi akun yang membagikan info login, hingga memperbarui kontak (telepon/email) untuk memulihkan akun.

Awalnya, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna yang mengalami peretasan di Instagram. Menurut blog Instagram yang dihimpun KompasTekno, Kamis (10/2/2022), kini fitur tersebut diperluas ke semua pengguna di seluruh dunia.

Fitur Security Checkup InstagramInstagram Fitur Security Checkup Instagram

Fitur ini dapat diakses pengguna pada menu Keamanan di aplikasi Instagram. Menu tersebut dapat ditemukan dengan membuka Profil > Pengaturan > Keamanan > Pemeriksaan Keamanan.

Baca juga: Marc Marquez Pamer Foto di Lombok lewat Instagram dan Twitter

Pakai fitur autentikasi dua faktor

Instagram juga menyarankan pengguna agar menggunakan kata sandi (password) yang kuat, untuk mengamankan akun.

Selain itu, Instagram mendorong pengguna untuk memakai fitur autentikasi dua faktor, yaitu metode keamanan tambahan selain kata sandi.

Nantinya, sebuah kode akan dikirimkan ke aplikasi lain yang dipilih (WhatsApp/SMS dan lainnya), sehingga mengonfirmasi pemilik akun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.