Kompas.com - 11/02/2022, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Salah satu klub sepak bola Inggris, Manchester United atau kerap disapa MU, baru saja mengumumkan kerja samanya dengan salah satu platform blockchain, Tezos.

Dengan mengucurkan dana sekitar Rp 388 miliar, Tezos jadi sponsor Manchester United untuk peralatan latihan tim. Sebagai gantinya, logo dan nama Tezos bakal muncul di peralatan latihan klub dan di jersey atau seragam latihan pada skuad utama Manchester United.

Sementara itu, Edward Adlard, Head of Adoption and Business Development Manchester United, mengatakan kerja sama itu bakal membuat perubahan besar pada interaksi antara klub dengan penggemar.

“Tezos akan memungkinkan Manchester United menggunakan blockchain dan Web3 (internet) untuk mengubah keterlibatan penggemar, pemain, tim, dan mitra," kata Adlard dikutip dari laman resmi Manchester United, Jumat (11/02/2022).

Baca juga: Inilah Eizper Chain, Game Berbasis Blockchain Buatan Pengembang Lokal

Selain logo dan nama Tezos yang muncul di peralatan latihan klub, kerja sama ini juga bakal mencakup penggunaan platform Tezos dalam mendukung yayasan milik Machester United untuk kegiatan sosial.

Donasi yang berjalan di yayasan itu bakal menggunakan mata uang kripto milik Tezos, tez atau XTZ, untuk memberikan pelatihan dan pendidikan pada kaum muda dalam suatu komunitas.

Seperti Bitcoin dan Ethereum, Tezos juga merupakan platform blockchain atau semacam buku besar virtual berupa jaringan untuk melakukan transaksi antar pengguna secara terdesentralisir.

Tezos juga punya mekanisme smart contract atau kontrak cerdas, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dengan pengguna lain tanpa melalui pihak ketiga atau server. Meski serupa dengan Bitcoin dan Ethereum, Tezos punya perbedaan yang cukup signifikan.

Dilansir dari situs resmi Tezos, platform ini tampaknya mengedepankan demokratisasi dalam jaringan yang ada di blockchain. Keputusan dalam jaringan di sebagian besar platform blockchain bergantung pada tim pengembangnya dan komunitas penambang kripto.

Namun, Tezos mencoba untuk membangun proses pengambilan keputusan atau kebijakan itu ke dalam jaringan penggunanya itu sendiri, dengan menggunakan Proof-of-Stake.

Baca juga: Manchester United Tuntut Pengembang Football Manager gara-gara Logo

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.