Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Tezos, Blockchain yang Jadi Sponsor Klub MU

Kompas.com - 11/02/2022, 16:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu klub sepak bola Inggris, Manchester United atau kerap disapa MU, baru saja mengumumkan kerja samanya dengan salah satu platform blockchain, Tezos.

Dengan mengucurkan dana sekitar Rp 388 miliar, Tezos jadi sponsor Manchester United untuk peralatan latihan tim. Sebagai gantinya, logo dan nama Tezos bakal muncul di peralatan latihan klub dan di jersey atau seragam latihan pada skuad utama Manchester United.

Sementara itu, Edward Adlard, Head of Adoption and Business Development Manchester United, mengatakan kerja sama itu bakal membuat perubahan besar pada interaksi antara klub dengan penggemar.

“Tezos akan memungkinkan Manchester United menggunakan blockchain dan Web3 (internet) untuk mengubah keterlibatan penggemar, pemain, tim, dan mitra," kata Adlard dikutip dari laman resmi Manchester United, Jumat (11/02/2022).

Baca juga: Inilah Eizper Chain, Game Berbasis Blockchain Buatan Pengembang Lokal

Selain logo dan nama Tezos yang muncul di peralatan latihan klub, kerja sama ini juga bakal mencakup penggunaan platform Tezos dalam mendukung yayasan milik Machester United untuk kegiatan sosial.

Donasi yang berjalan di yayasan itu bakal menggunakan mata uang kripto milik Tezos, tez atau XTZ, untuk memberikan pelatihan dan pendidikan pada kaum muda dalam suatu komunitas.

Seperti Bitcoin dan Ethereum, Tezos juga merupakan platform blockchain atau semacam buku besar virtual berupa jaringan untuk melakukan transaksi antar pengguna secara terdesentralisir.

Tezos juga punya mekanisme smart contract atau kontrak cerdas, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dengan pengguna lain tanpa melalui pihak ketiga atau server. Meski serupa dengan Bitcoin dan Ethereum, Tezos punya perbedaan yang cukup signifikan.

Dilansir dari situs resmi Tezos, platform ini tampaknya mengedepankan demokratisasi dalam jaringan yang ada di blockchain. Keputusan dalam jaringan di sebagian besar platform blockchain bergantung pada tim pengembangnya dan komunitas penambang kripto.

Namun, Tezos mencoba untuk membangun proses pengambilan keputusan atau kebijakan itu ke dalam jaringan penggunanya itu sendiri, dengan menggunakan Proof-of-Stake.

Baca juga: Manchester United Tuntut Pengembang Football Manager gara-gara Logo

Proof-of-Stake (PoS) adalah mekanisme yang memungkinkan semua pengguna di Tezos mampu mencapai satu keputusan bersama tentang status blockchain. Sebagai hasil dari mekanisme itu, Tezos memberi ruang bagi partisipasi pengguna dalam proses pengembangan.

Sebab itu, Tezos menjuluki dirinya sebagai platform open source atau pengembangan terbuka. Dengan PoS milik Tezos, proses pengembangan jaringan di blockchain jadi lebih demokratis, ketimbang hanya bertumpu pada pengembang dan penambang kripto.

Keberlangsungan jaringan blockchain Tezos juga lebih terdesentralisir karena semua pengguna memiliki suara dalam merumuskan kebijakan. Alhasil, banyak produk blockchain yang dihasilkan lewat Tezos, antara lain seperti gambar NFT, game, dan aplikasi.

Secara bisnis, Tezos hingga kini juga sudah banyak menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan besar, salah satunya seperti Red Bull Racing Honda. Tezos menjadi mitra resmi untuk pengembangan blockchain dan NFT di Red Bull Racing Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com