Kompas.com - 12/02/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Gelaran MotoGP di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat bakal digelar pada 18-20 Maret 2022. Ribuan penonton lokal dan mancanegara dipastikan akan membanjiri ajang balap motor bergengsi tersebut.

Untuk kebutuhan akses internet penonton, Telkomsel telah memastikan kesiapan jaringan 4G/LTE. Tak hanya untuk penonton, akses internet ini ditujukan bagi masyarakat di kawasan Mandalika dan terutama untuk kebutuhan tim serta pebalap MotoGP.

Selain internet 4G, Telkomsel juga akan menghadirkan jaringan 5G dengan sejumlah use case teknologi jaringan seluler generasi kelima di Mandalika International Circuit.

Dalam pengecekan bersama Kementerian Kominfo, Telkomsel memaparkan seluruh kesiapan penyediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan perusahaan telah melakukan penambahan 68 BTS 4G hingga total menjadi 382 BTS 4G termasuk yang sebelumnya telah melayani kebutuhan akses broadband masyarakat di kawasan Mandalika.

"Optimalisasi jaringan akan dibarengi dengan penambahan kapasitas dan penguatan kualitas di seluruh BTS 4G/LTE tersebut," ujar Nugroho.

Penambahan dan penguatan diharapkan dapat menjangkau area populasi masyarakat yang diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik broadband seiring dengan semakin dekatnya pelaksanaan MotoGP 2022 di Mandalika.

Titik-titik optimalisasi jaringan juga menjangkau area penginapan, lokasi wisata kuliner, medical center, bandara, pelabuhan, tempat destinasi wisata, dan venue MotoGP 2022 di Mandalika International Street Circuit.

Khusus di kawasan Mandalika International Street Circuit, Telkomsel saat ini telah melakukan penguatan kapasitas dan kualitas jaringan dengan menambah enam unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Penambahan unit COMBAT untuk memperlancar aktivitas internet dan digital tim operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pengunjung, dan tim peserta balap motor yang menjalankan sesi pra musim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari 2022 di Mandalika International Street Circuit.

Baca juga: Kartu Telkomsel Hangus Bisa Diaktifkan Lagi lewat 3 Cara Ini

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.