Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Perkuat Jaringan 4G dan Gelar 5G di MotoGP Mandalika

Kompas.com - 12/02/2022, 10:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gelaran MotoGP di sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat bakal digelar pada 18-20 Maret 2022. Ribuan penonton lokal dan mancanegara dipastikan akan membanjiri ajang balap motor bergengsi tersebut.

Untuk kebutuhan akses internet penonton, Telkomsel telah memastikan kesiapan jaringan 4G/LTE. Tak hanya untuk penonton, akses internet ini ditujukan bagi masyarakat di kawasan Mandalika dan terutama untuk kebutuhan tim serta pebalap MotoGP.

Selain internet 4G, Telkomsel juga akan menghadirkan jaringan 5G dengan sejumlah use case teknologi jaringan seluler generasi kelima di Mandalika International Circuit.

Dalam pengecekan bersama Kementerian Kominfo, Telkomsel memaparkan seluruh kesiapan penyediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan perusahaan telah melakukan penambahan 68 BTS 4G hingga total menjadi 382 BTS 4G termasuk yang sebelumnya telah melayani kebutuhan akses broadband masyarakat di kawasan Mandalika.

"Optimalisasi jaringan akan dibarengi dengan penambahan kapasitas dan penguatan kualitas di seluruh BTS 4G/LTE tersebut," ujar Nugroho.

Penambahan dan penguatan diharapkan dapat menjangkau area populasi masyarakat yang diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik broadband seiring dengan semakin dekatnya pelaksanaan MotoGP 2022 di Mandalika.

Titik-titik optimalisasi jaringan juga menjangkau area penginapan, lokasi wisata kuliner, medical center, bandara, pelabuhan, tempat destinasi wisata, dan venue MotoGP 2022 di Mandalika International Street Circuit.

Khusus di kawasan Mandalika International Street Circuit, Telkomsel saat ini telah melakukan penguatan kapasitas dan kualitas jaringan dengan menambah enam unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Penambahan unit COMBAT untuk memperlancar aktivitas internet dan digital tim operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pengunjung, dan tim peserta balap motor yang menjalankan sesi pra musim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari 2022 di Mandalika International Street Circuit.

Baca juga: Kartu Telkomsel Hangus Bisa Diaktifkan Lagi lewat 3 Cara Ini

5G Telkomsel di Mandalika MotoGP

Telkomsel sebagai operator telekomunikasi yang menggelar layanan 5G pertama di Indonesia juga bakal menghadirkan kembali pengalaman akses jaringan ultra-broadband Hyper 5G Telkomsel di kawasan Mandalika International Street Circuit.

Pengalaman internet 5G dapat dirasakan langsung masyarakat Nusa Tenggara Barat dan para pengunjung ajang MotoGP 2022 pada 18-20 Maret 2022.

Selama perhelatan tersebut berlangsung, masyarakat serta pengunjung dapat menikmati pengalaman digital di gelaran showcase ‘Telkomsel 5G Experience Center’ yang berada di kawasan Mandalika International Street Circuit.

Pengalaman menjajal teknologi 5G yang dapat dicoba langsung di lokasi, antara lain:

  • Teknologi VR Tourism, menampilkan keindahan destinasi wisata di Nusa Tenggara Barat
  • AR Industrial Work Instruction, menampilkan teknologi AR untuk industri otomotif
  • 5G Humanoid Robot
  • VR & Cloud Gaming, menampilkan pengalaman gaming balap dengan teknologi VR/ cloud
  • VR Training & Collaboration, menampilkan teknologi VR untuk kolaborasi dan pelatihan virtual untuk industri otomotif
  • 5G Remote Control Drone, menampilkan remote surveillance untuk berbagai kebutuhan)
Telkomsel juga akan menyediakan booth penjualan di sejumlah titik di jalur utama, serta berkolaborasi dengan para mitra reseller/outlet di sekitar kawasan Mandalika International Street Circuit.

Telkomsel memastikan ketersediaan ragam layanan, seperti penjualan paket data dan voucher fisik internet dengan harga terjangkau, isi ulang pulsa, upgrade/ganti kartu uSIM, Telkomsel Orbit, edukasi fitur self-provisioning kartu SIM untuk layanan 5G yang dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel.

Telkomsel juga akan menyediakan layanan untuk membantu warga negara asing yang akan hadir di Nusa Tenggara Barat untuk melakukan registrasi prabayar.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com