Kompas.com - 13/02/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Lini ponsel flagship Samsung Galaxy S22 series telah resmi diperkenalkan. Dari tiga model yang dirilis, varian Galaxy S22 Ultra dibekali dengan spesifikasi paling tinggi, misalnya pada aspek layar.

Layar Galaxy S22 Ultra kini menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci yang sudah mendukung refresh rate adaptive hingga 120 Hz (Hertz).

Sekilas, dukungan refresh rate hingga 120 Hz sudah menjadi fitur yang lumrah ditemui di ponsel-ponsel kelas atas.

Namun, yang menjadikan Galaxy S22 Ultra istimewa adalah ponsel ini sudah menyertakan kemampuan adaptive refresh rate paling rendah 1 Hz hingga paling tinggi 120 Hz.

Ini adalah salah satu peningkatan besar yang dibawa Samsung, mengingat ponsel Galaxy S "ultra" sebelum-sebelumnya tidak pernah menyertakan dukungan ini.

Bahkan, dua saudara kandungnya, Galaxy S22 reguler dan Galaxy S22 Plus juga tidak memilikinya. Layar keduanya hanya mendukung adaptive refresh rate 10-120 Hz.

Sebagai perbandingan, Galaxy S20 Ultra (2020) memiliki angka refresh rate tetap 120Hz. Sementara layar Galaxy S21 Ultra (2021) hanya menyertakan dukungan adaptive refresh rate paling rendah 10Hz untuk konten statis.

Lantas, apa kelebihan dukungan adaptive refresh rate 1Hz hingga 120 Hz pada Galaxy S22 Ultra ini?

Sebelumnya, perlu diketahui terlebih dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan refresh rate. Refresh rate adalah suatu spesifikasi pada komponen panel yang mengukur seberapa sering sebuah frame (gambar) pada layar diperbarui (di-refresh) setiap detiknya.

Sederhananya, layar 60 Hz mampu menampilkan 60 gambar setiap detiknya, begitu juga layar 90 Hz dan 120 Hz, yang masing-masing mampu menampilkan gambar 90 dan 120 frame per detik.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber SamMobile
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.