Android 13 Resmi Pakai Nama "Tiramisu"

Kompas.com - 14/02/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Google akhirnya resmi mengungkap kode nama untuk sistem operasi Android 13. Sesuai tradisi, Android 13 juga menggunakan nama-nama makanan manis (dessert).

Sesuai dengan bocoran sebelumnya, Tiramisu resmi dipakai Google sebagai kode nama Android 13.

Nama Tiramisu di Android 13 ini terkonfirmasi dari informasi sistem di Android 13 yang dirilis untuk para developer (developer preview), baru-baru ini. Di menu About Phone ponsel Android 13, nama Tiramisu tercantum di keterangan Android version (versi Android).

Tiramisu sendiri adalah kue manis asal Italia dengan cita rasa kopi. Makanan ini sering dijadikan sebagai hidangan penutup (dessert) dan umum dijumpai di restoran Italia di seluruh dunia.

Baca juga: HMD Global Akui Penamaan Ponsel Nokia Membingungkan

Tampilan Android 13 versi developer preview 1 yang menggunakan nama kode Tiramisu.9to5Google Tampilan Android 13 versi developer preview 1 yang menggunakan nama kode Tiramisu.
Sama seperti sebelumnya, nama Tiramisu untuk Android 13 ini kemungkinan hanya akan dipakai oleh kalangan internal Google saja, tidak diumumkan ke publik atau dicantumkan di perangkat Android pengguna.

Pasalnya, Google telah menghentikan tradisi penamaan versi Android dengan nama-nama makanan/camilan manis, sejak versi Android 10 dan setelahnya.

Namun, Google masih tetap menggunakan kode nama kode camilan manis itu di kalangan internal, seperti pada kasus Android 10 dengan nama Quince Tart, Android 11 Red Velvet Cake, dan Android 12 Snow Cone.

Keputusan Google yang tak lagi menggunakan nama makanan untuk penyebutan OS-nya itu disayangkan oleh banyak fans Android. Mengingat penggunaan nama dessert sudah menjadi ciri khas OS Android.

Google sendiri mulai menggunakan nama makanan manis untuk OS Android sejak merilis Android 3 atau versi 1.5 (2009), dengan nama Cupcake. Mekanisme penamaan OS Android dengan kode nama dessert setelahnya pun dibuat berurutan sesuai dengan abjad.

Baca juga: Android 13 Bakal Mudahkan Transfer File dengan Sekali Tap?

Tercatat, Google pernah menggunakan sederet nama-nama dessert seperti Donat, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice cream sandwich, Jellybean, Kitkat, hingga Lollipop sebagai nama OS-nya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.