Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Twitter mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal-IV (Q4) tahun fiskal 2021. Dalam laporan tersebut, perusahaan juga menginformasikan jumlah pengguna aktif Twitter per kuartal-IV 2021.

Menutup tahun fiskal 2021, Twitter mencatatkan pertumbuhan rata-rata jumlah pengguna harian atau Monetizable Daily Active Users (mDAU). Dalam laporan keuangan itu tertulis bahwa Twitter memiliki rata-rata mDAU sebanyak 217 juta pengguna.

Angka tersebut mewakili pertumbuhan 13 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya dengan angka 192 juta mDAU.

Rata-rata pengguna harian Twitter pada kuartal IV-2021 ini juga 6 juta lebih banyak dibanding kuartal III-2021. Saat itu, mDAU Twitter tercatat sebesar 211 juta pengguna secara global.

Baca juga: Twitter Sebar Tombol Downvote ke Semua Negara, Termasuk Indonesia

Twitter sendiri mendefinisikan Monetizable Daily Active Users (mDAU) akun yang melakukan login ke aplikasi Twitter atau situs twitter.com dan melihat iklan yang tayang di Twitter.

Kinerja Twitter dalam aspek jumlah pengguna harian pada kuartal IV-2021 ini terbilang lebih baik ketimbang pesaingnya, Facebook.

Pasalnya, untuk pertama kalinya, jumlah pengguna harian (daily active user/DAU) Facebook justru dilaporkan menurun pada kuartal akhir 2021.

Pada kuartal IV-2021, pengguna harian Facebook tercatat 1,929 miliar orang. Angka tersebut menurun 1 juta bila dibandingkan dengan jumlah DAU Facebook kuartal III-2021 yang mencapai 1,93 miliar.

Kendati jumlah DAU menurun, Facebook masih menjadi media sosial nomor satu di dunia dengan pengguna aktif harian terbanyak, mengalahkan Twitter, YouTube, TikTok, dan media sosial lainnya, menurut data Statista.

Pendapatan naik

Selain mDAU, pendapatan Twitter juga meningkat, baik dilihat secara kuartal atau tahunan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.