Update Instagram Bikin DM Jadi Lebih "Bersih"

Kompas.com - 15/02/2022, 07:52 WIB

KOMPAS.com - Instagram mengubah mekanisme Like di fitur Stories, agar direct message (DM) menjadi lebih ringkas. Disebut sebagai fitur Private Story Likes, perusahaan kini menghilangkan notifikasi Like IG Stories di Direct Message (DM) atau pesan Instagram.

Notifikasi Like di Instagram Stories memberitahu pengguna ketika Stories-nya disukai oleh akun lain yang melihatnya. Notifikasi tersebut akan muncul di DM Instagram. Namun praktik ini dinilai mengganggu dan memenuhi DM dengan notifikasi yang dinilai "sepele".

Untuk itu, Instagram menghapus notifikasi Like Stories di DM agar fitur pesan tersebut fokus pada perpesanan/percakapan saja. Perubahan ini juga berlaku untuk emoji yang menunjukkan respons atas Stories pengguna. Kini notifikasi respons dari Stories tidak akan muncul di DM.

Baca juga: 5 Cara Melihat Instagram Story Orang Lain Diam-Diam Tanpa Ketahuan

Perubahan ini diumumkan oleh CEO Instagram, Adam Mosseri di akun Twitter-nya, bersamaan dengan pada Hari Valentine.

Dalam unggahannya, Mosseri mengatakan bahwa DM adalah fitur yang menjadi prioritas perusahaan. Dengan begitu, perusahaan memfokuskan DM untuk menunjang percakapan pengguna bersama orang yang mereka inginkan.

"Kami ingin memastikan bahwa pengguna dapat mengekspresikan lebih banyak dukungan satu sama lain, tetapi DM juga bersih (dari notifikasi). Awal tahun saya berkata bahwa pengiriman pesan adalah prioritas utama kami, untuk itu kami memfokuskan DM pada percakapan pengguna dengan orang-orang yang Anda sayangi," kata Mosseri.

Meskipun dapat di-Like oleh pengguna, Instagram Stories tidak akan menampilkan jumlah Like.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (15/2), pengguna hanya akan melihat ikon love/hati pada Stories miliknya yang mendapat Like dari pengguna lain. Meski demikian, pengguna dapat melihat siapa saja yang menyukai Stories-nya dari daftar Viewer.

Baca juga: Cara Mengamankan Akun Instagram dan Cegah Bullying

Cara like Instagram Stories

Untuk memberikan Like, pengguna bisa membuka Stories dan menekan ikon dengan simbol hati yang terletak di sebelah kanan kolom komentar di bagian bawah layar.

Pengunggah konten Stories yang bersangkutan akan mendapat notifikasi berbunyi "(Nama pengguna) liked your story".

Apabila notifikasi tersebut ditekan, pengunggah akan dibawa ke konten Stories yang mendapat react serta dapat melihat daftar orang yang memberikan Like melalui menu Viewers.

Orang yang memberikan Like akan ditandai dengan kehadiran ikon berbentuk hati yang bisa ditemukan di sebelah kanan foto profil mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.