Penampakan Awal Android 13 Beserta Fitur Barunya

Kompas.com - 15/02/2022, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Google resmi merilis versi pertama dari sistem operasi Android 13 untuk para pengembang atau developer (developer preview). Meski masih berstatus developer preview, tampilan dan beberapa fitur baru yang dibawa Android 13 sudah bisa dilihat.

Dalam sebuah unggahan di blog resminya, Developer Android VP of Engineering Android Google, Dave Burke, menyebutkan fitur-fitur baru yang disertakan dalam Android 13 versi developer preview ini.

Android 13 sendiri juga menggunakan nama kode dari makanan manis (dessert), yaitu "Tiramisu".

Fitur-fitur baru meliputinya adanya fitur ikon bertema (themed icon), fitur privasi yang ditingkatkan, kontrol preferensi bahasa baru, dan beberapa fitur lainnya.

Ikon bertema

Pada Android 12 lalu, Google fokus merombak antarmuka OS ini menggunakan bahasa desain baru, "Material You".

Dengan Mataerial You, pengguna dapat memilih salah satu wallpaper dan nantinya sistem akan secara otomatis menentukan warna apa yang dominan, dan terlihat bagus untuk ditampilkan.

Baca juga: Android 13 Resmi Pakai Nama Tiramisu

Di Android 12, warna-warna tersebut kemudian diterapkan di notifikasi, lock screen, menu pengaturan volume, widget, dan lainnya, sehingga tampilan antarmuka secara keseluruhan bisa terlihat senada.

Nah, di Android 13 ini Google meningkatkan antarmuka tersebut dengan menambahkan fitur baru bernama ikon bertema alias themed icon.

Ketika mengaktifkan themed icon, sistem akan otomatis mengubah bentuk dan warna ikon aplikasi yang tadinya berbeda-beda, menjadi ikon yang memiliki warna senada dengan tema.

Fitur tema pada Android 13 versi developer preview 1.Blog Developer Android Fitur tema pada Android 13 versi developer preview 1.
Misalnya, ketika pengguna memilih wallpaper dengan warna pink yang dominan seperti ilustrasi di atas, maka warna panel dan menu akan turut berubah menjadi pink.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.