Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Font "Cuping" Telegram Tanpa Aplikasi Tambahan

Kompas.com - 15/02/2022, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bagi sebagian pengguna, mungkin sudah sering menggunakan jenis huruf atau font "Cuping" di Telegram. Font Cuping bisa membuat pengalaman berkirim pesan di Telegram menjadi jauh lebih menarik.

Font Cuping punya berbagai bentuk huruf yang bisa dipakai untuk membuat kata atau tulisan di Telegram. Dengan font Cuping, Anda bisa berkirim pesan dengan bentuk huruf yang unik pada pengguna lain di Telegram.

Untuk membuat font dengan berbagai bentuk di Telegram, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Penasaran dengan fitur Telegram yang satu ini?, berikut penjelasan mengenai apa itu font Cuping Telegram.

Baca juga: 7 Fitur Telegram yang Jarang Diketahui dan Cara Menggunakannya

Apa itu font Cuping Telegram?

Cuping sendiri adalah singkatan dari cute typing atau penulisan pesan dengan format yang lucu dan menggemaskan. Sebagai istilah, Cuping kerap dipakai kelompok penggemar bermain peran atau RP (role playing) di media sosial, untuk menyebut kata dengan format yang unik.

Format penulisan yang menggemaskan dari Cuping tersebut bisa disusun dengan salah satunya memakai font unik yang tidak ada di koleksi ponsel.

Begitu juga cuping di Telegram, bisa dilakukan dengan cara mengubah font pada teks atau kalimat dari sebuah pesan yang ingin dikirimkan ke pengguna lain. Font Cuping Telegram punya bentuk huruf yang sangat unik, yang tidak ada di koleksi ponsel.

Font Cuping Telegram bisa didapatkan lewat akun Bot yang ada di aplikasi. Jadi, pengguna tidak perlu mencari font Cuping lewat aplikasi tambahan. Keberadaan fitur akun Bot ini jadi unggulan Telegram sebagai aplikasi pesan instan.

Akun Bot itu merupakan program yang bisa menyajikan tanggapan tertentu dari perintah atau pesan pengguna secara otomatis. Ada berbagai macam akun Bot yang bisa digunakan pengguna Telegram, salah satunya adalah akun Bot untuk menyajikan font Cuping.

Akun bot tersebut bisa mengubah kata di Telegram jadi punya font Cuping aesthetic atau estetis. Untuk bisa menggunakan font Cuping, Anda hanya perlu mengakses akun Bot telegram terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Membuat Channel Telegram di Android, iOS, dan PC

Ingin memakai font Cuping aesthetic? simak penjelasan cara menggunakan font Cuping Telegram tanpa aplikasi tambahan, sebagai berikut:

Cara menggunakan font Cuping Telegram

  • Buka aplikasi Telegram di ponsel Anda
  • Pada kolom pencarian yang ada di bagian atas layar aplikasi, cari akun Bot bernama "Text Magic"
  • Setelah ketemu, klik akun Bot tersebut untuk mulai percakapan.
  • Di kolom chat, ketik kata atau kalimat yang ingin diubah bentuk hurufnya
  • Kirim kata tersebut di kolom chat akun Bot "Text Magic"
  • Program di akun Bot itu bakal mengonversi kata yang dikirimkan
  • Kemudian, program bakal menampilkan kata dengan berbagai pilihan font Cuping
  • Salin kata dengan font Cuping yang Anda inginkan, kirim ke pengguna lain di Telegram.

Ilustrasi cara menggunakan font Cuping TelegramKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menggunakan font Cuping Telegram

Selain itu, Anda juga bisa mengirim font Cuping aesthetic yang dihasilkan akun Bot Telegram ke sejumlah platform media sosial lain, seperti WhatsApp dan Twitter. Bentuk huruf tersebut bakal tampil juga sesuai dengan yang muncul di Telegram.

Cara di atas dijajal KompasTekno menggunakan aplikasi Telegram yang ada di perangkat dengan sistem operasi iOS. Beda sistem operasi, mungkin bakal beda juga letak opsinya. Demikian cara menggunakan font Cuping Telegram, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com