Kompas.com - 15/02/2022, 16:35 WIB

KOMPAS.com - Gelaran balap motor dunia MotoGP Mandalika 2022 akan dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Untuk mendukung gelaran tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan internet kencang, baik melalui fixed broadband (WiFi) maupun mobile broadband (internet seluler).

Dari keduanya, Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengungkapkan bahwa koneksi internet melalui fixed broadband memiliki kecepatan tertinggi hingga tembus 100 Mbps.

Setidaknya begitulah menurut hasil dari uji coba dukungan infrstruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dilakukan oleh Kominfo saat tes pra-musim MotoGP di sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, pada 11-13 Februari 2022 lalu.

Baca juga: Akhir 2021, Rata-rata Kecepetan Internet di Indonesia Makin Lelet

"Akses internet melalui WiFi (kecepatannya) di kisaran 20-100 Mbps serta internet seluler di kisaran 10-50 Mbps di sekitar area bandara, sirkuit Mandalika, hotel, dan tempat wisata," kata Johnny dalam konferensi pers, Selasa (15/2/2022).

Khusus untuk mobile broadband, Johnny mengatakan layanan internetnya akan disediakan oleh tiga operator seluler, yaitu Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

Pada kesempatan yang sama, Johnny juga menjelaskan secara rinci terkait kesiapan infrastruktur TIK untuk menyukseskan gelaran MotoGP Mandalika 2022, mulai dari jaringan backbone, middle mile, hingga last mile.

Baca juga: Kominfo Pastikan 5G Telkomsel dan XL Axiata Hadir di MotoGP Mandalika

Johnny mengungkapkan, bahwa jaringan tulang punggung (backbone) di sirkuit mandalika telah terhubung dengan jaringan fiber optik dengan total kapasitas 560 Gbps.

Jaringan backbone ini terhubung melalui empat koridor, yaitu satu koridor sebagai jalur utama dan tiga koridor alternatif untuk jalur cadangan (backup).

Jalur utama terhubung dengan sistem komunikasi kabel laut (SKKL) Jember Denpasar Cable System (JDCS) dan sistem komunikasi serat optik (SKSO) Mataram-Rungkut dengan kapasitas total 200 Gbps.

Baca juga: Berapa Gigabyte Data yang Dihasilkan Satu Motor MotoGP?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.