Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Xiaomi 11T, Ponsel "Flagship" Murah dan Mewah

Kompas.com - 15/02/2022, 19:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi 11T merupakan salah satu smartphone Xiaomi yang meramaikan pasar ponsel Indonesia saat ini. Ponsel yang dijual Rp 6 juta ini dibekali dengan berbagai peningkatan fitur dibandingkan generasi pendahulunya, Xiaomi Mi 10T.

Untuk menjajal beragam fitur terbaru dan kebolehan ponsel terbaru Xiaomi tersebut, KompasTekno menjadikan perangkat tersebut sebagai ponsel utama (daily driver) untuk menemani aktivitas selama kurang lebih satu bulan.

Xiaomi 11T digunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari, mulai dari bekerja, berkomunikasi, memotret foto/merekam video, menonton/streaming video, bermain game, dan lain sebagainya.

Baca juga: Bocoran Awal Keberadaan Xiaomi 12 Mini

Mewah, tipis, dan ringan

Xiaomi 11T memiliki tampilan yang lebih mewah dibanding Mi 10T. Sebab, punggung ponsel tersebut kini memiliki sentuhan (finishing) doff yang tahan terhadap bekas sidik jari.

Karena finishing itu pula, ponsel tetap nyaman untuk digenggam dalam waktu yang cukup lama. Ketika tangan berkeringat, punggung ponsel juga tidak terlalu licin.

Unit ponsel yang kami pegang sendiri berwarna putih alias Moonlight White. Xiaomi menyediakan dua varian warna lainnya yang bisa dipilih pengguna, mencakup Meteorite Gray (abu-abu), dan Celestial Blue (biru).

Desain punggung Xiaomi 11T.KOMPAS.com/Bill Clinten Desain punggung Xiaomi 11T.

Sekilas, varian warna Xiaomi 11T yang kami jajal ini terlihat mewah dan sangat kontras dengan modul kamera yang berwarna hitam. Meski demikian, warna putih ini tidak terlampau terang.

Kenyamanan menggenggam Xiaomi 11T juga dikontribusi dari dimensi ketebalan yang lebih tipis, serta bobot yang lebih ringan dibanding Mi 10T.

Di atas kertas, Mi 10T memiliki dimensi ketebalan 9,3 mm dan bobot 216 gram, sementara itu, Xiaomi 11T memiliki dimensi ketebalan 8,8 mm dan bobot 203 gram.

Masih soal desain, layar Xiaomi 11T juga kini lebih mumpuni dengan panel AMOLED berukuran 6,67 inci dan resolusi Full HD Plus. Layar ini memiliki refresh rate 120 Hz, dukungan HDR10+, dan tingkat kecerahan hingga 1.000 nits.

Baca juga: Melihat Hasil Foto Kamera Xiaomi 11T

Ketika diuji coba, layar perangkat ini sangat nyaman untuk dipakai menonton serial TV di berbagai platform streaming, menonton YouTube, hingga bermain game.

Apabila digunakan di bawah sinar matahari yang cukup terik, layar ponsel ini juga masih bisa menampilkan konten yang bisa dilihat dengan cukup jelas berkat tingkat kecerahannya yang cukup terang.

Kehadiran refresh rate 120 Hz juga membuat mata kami dimanjakan dengan animasi menu yang cukup gesit, dibanding layar standar dengan refresh rate 60 Hz.

Kamera

Beralih ke aspek fotografi, Xiaomi 11T memiliki sejumlah kamera di bagian depan dan belakang dengan fungsi yang berbeda.

Pada bagian belakang, terdapat tiga kamera yang dimuat dalam modul persegi, terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), kamera telefoto makro 5 MP (f/2.4). Sementara di bagian depannya ada satu kamera selfie beresolusi 16 MP (f/2.5).

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com