Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia G11 Meluncur, Baterai Jumbo Harga Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 16/02/2022, 08:22 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Setelah meluncurkan Nokia G21, HMD Global sebagai pemilik lisensi merek Nokia menghadirkan Nokia G11 melalui situs resminya. Spesifikasi Nokia G11 tampak cukup mirip dengan G21, namun kameranya dibuat lebih sederhana.

Secara umum Nokia G11 mengunggulkan daya tahan baterai yang lama, hingga pembaruan Android sampai dua tahun ke depan. Meski demikian, sejumlah spesfikasi lain yang melengkapi ponsel ini juga cukup menarik.

Di sektor tampilan misalnya, Nokia G11 menawarkan layar berponi waterdrop 6,5 inci. Layar tersebut juga didukung laju penyegaran (refresh rate) 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz.

Punggung ponsel ini dibalut dengan penampang berbahan polycarbonate. Dimensinya sendiri yaitu 164,6 x 79,9 x 8,5 mm dengan bobot 189 gram.

Baca juga: Nokia G21 Meluncur dengan Kamera 50 MP

Sementara untuk menunjang aktivitas fotografi, Nokia G11 dibekali tiga kamera belakang. Konfigurasi kameranya meliputi 13 MP sebagai kamera utama, kamera makro 2 MP dan 2 MP sebagai sensor kedalaman.

Ada pula lampu LED flash untuk menunjang fotografi saat kondisi cahaya minim. Untuk swafoto, ponsel ini menyediakan kamera depan 8 MP.

Dapur pacu Nokia G11 ditopang oleh chipset Unisoc T606 dengan fabrikasi 4nm, chip yang sama dengan Nokia G21.

Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Penyimpanannya dapat diperluas menggunakan microSD hingga kapasitas 512 GB.

Daya tahan ponsel mengandalkan baterai 5.050 mAh yang dapat diisi ulang dengan USB tipe C. Ponsel ini juga mendukung pengisian ulang cepat (fast charging) 18W.

Namun adaptor bawaannya hanya memiliki output daya 18W. Artinya pengguna harus membeli adaptor lain untuk mendapatkan output hingga 18W.

Nokia G11Nokia Nokia G11

Fitur lainnya yang melengkapi Nokia G11 yaitu bluetooth 5.0, NFC (di negara tertentu), jack audio 3,5mm, WiFi, hingga radio FM.

Ponsel ini juga dibekali fitur keamanan seperti sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang menyatu dengan tombol power, face unlock serta mask unlock. Artinya, pengguna tetap dapat membuka kunci ponsel meskipun mengenakan masker di wajah.

Baca juga: Nokia C100, C200, G100, dan G400 Resmi Diluncurkan di CES 2022

Dihimpun KompasTekno dari situs resmi Nokia, Rabu (16/2/2022), Nokia G11 berjalan dengan sistem operasi Android 11 yang dapat diupgrade hingga dua generasi setelahnya.

Artinya, ponsel ini dapat diperbarui hingga Android 13. Sementara pembaruan keamanannya didukung hingga 3 tahun.

Antarmukanya (UI) sendiri menggunakan UI bawaan dari Android. Nokia G11 juga menyediakan tombol khusus untuk Google Assistant.

Sejumlah aplikasi pendukung aktivitas pengguna juga disematkan HMD Global bagi pengguna, seperti Spotify, LinkedIn hingga ExpressVPN.

Nokia G11 tersedia dalam warna Ice Blue dan Charcoal Gray. Di Eropa, harga Nokia G11 dibanderol 159 euro atau setara Rp 2,5 juta. Belum diketahui apakah ponsel ini akan diboyong ke Indonesia atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com