Kompas.com - 16/02/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Antarmuka (UI) khas Xiaomi, MIUI 12, dirilis pada April 2020. Antarmuka berbasis Android 10 ini memiliki sejumlah fitur yang absen di MIUI versi sebelumnya.

Beberapa di antaranya termasuk fitur dark mode (mode gelap) yang dapat menyulap tampilan pada layar menjadi serba hitam.

Lalu terdapat fitur Floating Windows yang memungkinkan pengguna untuk membuka dua aplikasi sekaligus di waktu yang bersamaan.

Karena sudah dirilis sejak dua tahun lalu, antarmuka MIUI 12 tentu sudah banyak digunakan di berbagai ponsel Xiaomi.

Nah, MIUI 12 juga ternyata memiliki sejumlah fitur rahasia yang mungkin belum diketahui oleh banyak pengguna.

Berikut ini adalah deretan fitur rahasia di MIUI 12 dan cara menggunakannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gadgets 360, Rabu (16/2/2022).

1. Dark Mode

Dark Mode atau mode gelap merupakan salah satu fitur yang tergolong populer di kalangan pengguna. Sesuai namanya, fitur ini dapat membuat tampilan di layar ponsel menjadi warna gelap.

Kehadiran Dark Mode umumnya digunakan bagi pengguna untuk mengatasi ketegangan mata yang muncul, terutama ketika pengguna menatap layar dalam kondisi kurang cahaya seperti malam hari.

Baca juga: Fitur Baru MIUI 13, Ponsel Xiaomi Jadi Lebih Cepat dan Mirip Apple iOS

Fitur Dark Mode bisa diaktifkan dengan mudah melalui perangkat berbasis MIUI 12. Cara mengaktifkannya sebagai berikut:

  • Buka menu "Settings" lalu pilih opsi "Display"
  • Selanjutnya pilih opsi "Dark Mode" untuk segera mengaktifkan mode gelap pada ponsel Anda

Cara mengaktifkan fitur Dark Mode di MIUI 12.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara mengaktifkan fitur Dark Mode di MIUI 12.
Fitur Dark Mode juga bisa diaktifkan dengan mudah melalui menu bar. Cukup usap layar ponsel ke bawah lalu aktifkan tombol "Dark Mode" hingga berubah menjadi warna biru

2. Floating Windows

Pengguna perangkat Xiaomi dapat melakukan multitasking dengan lebih mudah dengan fitur Floating Windows ini.

Tampilan fitur floating windows di MIUI 12 saat digunakan pada aplikasi Discord dan Line.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Tampilan fitur floating windows di MIUI 12 saat digunakan pada aplikasi Discord dan Line.

Berbeda dengan split screen yang dapat membagi layar menjadi dua, floating windows justru dapat membuka dua aplikasi dan menampilkannya secara berdampingan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.