Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Mulai Rilis Aplikasi Android untuk Windows 11

Kompas.com - 16/02/2022, 11:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Setelah dinanti-nanti, Microsoft akhirnya mulai menggelontorkan fitur aplikasi Android untuk PC yang menjalankan sistem operasi barunya, Windows 11.

Namun, pada tahap awal perilisan ini, fitur aplikasi Android baru dapat dijajal oleh pengguna PC Windows 11 yang berbasis di Amerika Serikat (AS) saja.

Mulai hari ini, Rabu (16/2/2022), pengguna PC Windows 11 di AS mulai mendapatkan akses ke pratinjau toko aplikasi milik Amazon, Amazon Appstore Preview.

Dengan begitu, pengguna bisa menemukan lebih dari 1.000 aplikasi dan game Android di Microsoft Store yang diunduh melalui Amazon Appstore Preview.

Adapun aplikasi Android yang bisa diunduh pengguna di antaranya meliputi Audible, Subway Surfers, Lords Mobile, Khan Academy Kids, Kindle Amazon, The Washington Post, Clash of Kings, Coin Master, Lego Duplo World, Ring, Yahoo, Uber, Spotify, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Sebelum dirilis lebih luas ke pengguna Windows 11 di AS, Microsoft sudah melakukan uji coba fitur aplikasi Android versi beta di Windows 11 pada Oktober 2021 lalu.

Ketika itu, aplikasi Android yang bisa dipasang di Windows 11 jumlahnya terbatas hanya 50 aplikasi saja. Selain itu, fitur ini sebelumnya hanya bisa dicoba oleh pengguna Windows 11 yang mengikuti program Windows Insider Program, sebagaimana dihimpun dari TechCrunch.

Baca juga: 7 Hal Baru di Windows 11, Tampilan Lebih Segar hingga Kinerja Lebih Tinggi

Cara download aplikasi Android di Windows 11

Dengan hadirnya fitur baru ini, aplikasi maupun game yang ada di ponsel Android diharapkan bisa berjalan lebih mulus dan terintegrasi di Windows 11.

"Aplikasi ini terasa seperti bagian dari Windows, terintegrasi secara alami dengan input Windows dan pengalaman windowing, seperti tata letak Snap," kata Chief Product Officer Microsoft Panos Panay dalam sebuah pernyataan.

Ini pertama kalinya Microsoft menghadirkan kemampuan ini. Sebab, selama ini, aplikasi Andorid bisa dijalankan di sistem operasi Windows dengan bantuan emulator atau melakukan dual boot OS.

Namun, lebih dari 1.000 aplikasi Android ini tidak bisa langsung dipasang melalui toko aplikasi bawaan Microsoft Store, melainkan harus diinstal melalui Amazon Appstore.

Hal ini dikarenakan Microsoft bermitra dengan Amazon dan Intel (teknologi Intel Bridge) untuk bisa menghadirkan aplikasi serta game Android secara native di Windows 11.

Untuk bisa memasang (install) aplikasi Android di PC Windows 11, berikut panduannya:

  1. Perbarui Microsoft Store. Caranya, buka aplikasi > klik "Library" > klik "Get Updates"
  2. Cari nama aplikasi atau game Android yang ingin di-install di Windows 11. Misalnya, game Subway Surfers
  3. Klik "Get from Amazon Appstore"
  4. Pengguna akan dialihkan ke jendela Amazon Appstore
  5. Klik, "Install" untuk memasang Subway Surfers di PC

Setelah proses instalasi selesai, game Subway Surfers pun bisa langsung dimainkan di PC Windows 11 milik pengguna, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Cnet, Rabu.

Sayangnya, hingga kini, belum ada informasi lebih lanjut kapan akses Amazon Appstore Preview untuk bisa menginstal aplikasi Android tersedia untuk pengguna Windows 11 di luar wilayah AS, seperti di Indonesia.

Baca juga: Cara Cek Apakah PC/Laptop Kita Bisa Windows 11 atau Tidak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com