Microsoft Mulai Rilis Aplikasi Android untuk Windows 11

Kompas.com - 16/02/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Setelah dinanti-nanti, Microsoft akhirnya mulai menggelontorkan fitur aplikasi Android untuk PC yang menjalankan sistem operasi barunya, Windows 11.

Namun, pada tahap awal perilisan ini, fitur aplikasi Android baru dapat dijajal oleh pengguna PC Windows 11 yang berbasis di Amerika Serikat (AS) saja.

Mulai hari ini, Rabu (16/2/2022), pengguna PC Windows 11 di AS mulai mendapatkan akses ke pratinjau toko aplikasi milik Amazon, Amazon Appstore Preview.

Dengan begitu, pengguna bisa menemukan lebih dari 1.000 aplikasi dan game Android di Microsoft Store yang diunduh melalui Amazon Appstore Preview.

Adapun aplikasi Android yang bisa diunduh pengguna di antaranya meliputi Audible, Subway Surfers, Lords Mobile, Khan Academy Kids, Kindle Amazon, The Washington Post, Clash of Kings, Coin Master, Lego Duplo World, Ring, Yahoo, Uber, Spotify, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Sebelum dirilis lebih luas ke pengguna Windows 11 di AS, Microsoft sudah melakukan uji coba fitur aplikasi Android versi beta di Windows 11 pada Oktober 2021 lalu.

Ketika itu, aplikasi Android yang bisa dipasang di Windows 11 jumlahnya terbatas hanya 50 aplikasi saja. Selain itu, fitur ini sebelumnya hanya bisa dicoba oleh pengguna Windows 11 yang mengikuti program Windows Insider Program, sebagaimana dihimpun dari TechCrunch.

Baca juga: 7 Hal Baru di Windows 11, Tampilan Lebih Segar hingga Kinerja Lebih Tinggi

Cara download aplikasi Android di Windows 11

Dengan hadirnya fitur baru ini, aplikasi maupun game yang ada di ponsel Android diharapkan bisa berjalan lebih mulus dan terintegrasi di Windows 11.

"Aplikasi ini terasa seperti bagian dari Windows, terintegrasi secara alami dengan input Windows dan pengalaman windowing, seperti tata letak Snap," kata Chief Product Officer Microsoft Panos Panay dalam sebuah pernyataan.

Ini pertama kalinya Microsoft menghadirkan kemampuan ini. Sebab, selama ini, aplikasi Andorid bisa dijalankan di sistem operasi Windows dengan bantuan emulator atau melakukan dual boot OS.

Halaman:
Sumber CNET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.