Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis - jenis Mouse Komputer dan Penjelasannya

Kompas.com - 16/02/2022, 14:45 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tetikus atau biasa disebut dengan mouse merupakan periferal yang digunakan untuk memudahkan pengoperasian komputer (PC) dan laptop.

Dengan mouse, pengguna dapat dengan mudah mengarahkan atau "menunjuk" berbagai elemen visual seperti dokumen, menu, dan lain sebagainya yang ditampilkan di komputer lewat bantuan kursor.

Mouse sendiri mulai dibuat pada tahun 1967 dan ditemukan oleh teknisi komputer bernama Douglas Engelbart.

Awalnya, Engelbart mengajukan sebuah desain yang menampikan cara kerja periferal komputer yang dapat menunjukkan indikator gerakan berdasarkan sumbu “X” (horisontal) dan “Y” (vertikal) di layar komputer.

Baca juga: 3 Cara Blok Tulisan Microsoft Word via Mouse dan Keyboard

Desain periferal mouse generasi pertama itu mengandalkan dua buah komponen roda berbahan besi yang dapat bergerak ke satu arah, yaitu ke atas dan ke bawah.

Model pertama mouse jauh berbeda dengan desain yang umum saat ini. Ketika pertama dibuat oleh rekan Engelbart, Bill English, mouse pertama memiliki bentuk kotak yang dihiasi cangkang berbahan dasar kayu. 

Di dalamnya memiliki dua roda besi yang masing-masing hanya dapat bergeser ke dua arah tadi, untuk menerima input gesekan yang akan ditansmisikan ke layar. Engelbart sendiri sejatinya tidak bermaksud menamakan penemuan periferalnya dengan nama “mouse”.

Disebut demikian lantaran bentuknya terlihat mirip seperti "mouse" atau "tikus" dalam bahasa Indonesia. Namun, tidak jelas siapa orang pertama yang mencetuskan penamaan tersebut.

Pada versi awal, kabel yang menghubungkan tetikus dengan komputer terletak di bagian belakang periferal atau lebih tepatnya di bawah pergelangan tangan.

Namun, seiring berjalannya waktu, kabel pun dipindahkan ke depan periferal agar lebih memudahkan penggunaan. Kemudian, versi komersil mouse awal buatan Engelbart dibuat oleh Standford Research Institute (SRI).

Mouse tersebut terbuat dari cangkang berbahan dasar plastik dan di dalamnya terdapat dua roda besi yang menerima gesekan dari permukaan bawah mouse untuk input kursor.

Baca juga: Razer Bikin Mouse dan Kursi Gaming Edisi Genshin Impact

Selanjutnya mouse terus berkembang hingga perusahaan radio dan televisi asal Jerman, Telefunken meluncurkan mouse versi perdananya pada tahun 1968 dengan mengusung komponen bola alias trackball.

Evolusi mouse terus berlanjut hingga saat ini bentuk mouse memiliki beragam jenis yang telah dimodifikasi. Apa sajakah itu? Berikut KompasTekno merangkum beberapa jenis mouse yang beredar di pasaran.

Mouse Berkabel

Mouse berkabelus-targus.com Mouse berkabel

Mouse kabel terhubung langsung ke desktop atau laptop. Biasanya, mouse akan disambungkan melalui port USB .

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com