Google Umumkan Chrome OS Flex untuk Sulap Laptop Lawas Jadi Chromebook

Kompas.com - 16/02/2022, 17:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Google mengumumkan sistem operasi Chrome OS Flex. Sistem operasi ini dapat digunakan di perangkat laptop atau komputer lawas.

Sistem operasi ini sebenarnya adalah pengembangan dari Chrome OS. Google membuat program baru agar sistem operasi tersebut bisa berjalan di PC dan komputer lain layaknya sebuah Chromebook. 

Sistem operasi Chrome OS sendiri sebenarnya sudah sejak lama bisa di-install di laptop atau komputer lain. Namun, proses instalasi tersebut harus dilakukan melalui CloudReady, besutan Neverware.

Nah, "Chrome OS" yang diinstal dalam CloudReady ini berbeda dengan Chrome OS di Chromebook. "Chrome OS" versi CloudReady adalah Chromium OS, yang fungsi dan tampilannya serupa dengan Chrome OS.

Baca juga: Logo Google Chrome Akhirnya Diperbarui Setelah 8 Tahun

Kemudian pada 2020 lalu, Google mengakuisisi Neverware yang artinya CloudReady juga kemudian menjadi bagian resmi dari Google.

Dengan demikian Chrome OS Flex bisa dikatakan sebagai "versi resmi" Chrome OS yang bisa di-install di komputer atau laptop selain Chromebook.

Meski demikian, untuk sementara sistem operasi ini disebut Google tidak akan dilengkapi dengan toko aplikasi Play Store.

Sebab, perusahaan ingin fokus pada pengalaman penggunaan OS terlebih dahulu. Ke depannya hal tersebut akan dievaluasi oleh perusahaan, sehingga tidak menutup kemungkinan toko aplikasi itu akan hadir di Chrome OS Flex.

Baca juga: Layanan Google Currents Disetop 2023

Incar sektor pendidikan

Google sendiri membidik sektor pendidikan dan perusahaan untuk sistem operasi ini. Untuk itu, proses instalasinya didesain mudah, semudah memasang software di komputer melalui USB.

"Chrome OS Flex adalah cara gratis dan berkelanjutan untuk memodernisasi perangkat yang sudah Anda miliki... (Chrome OS Flex) Sangat mudah diinstal di semua perangkat Anda" kata Google.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.