Jeff Bezos Kembali Suntik Dana ke Startup Indonesia

Kompas.com - 17/02/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Pendiri Amazon, Jeff Bezos, menggelontorkan dana investasi kepada perusahaan rintisan (startup) asal Indonesa, Lummo.

Bezos menyuntikkan dana tersebut melalui investasi Seri C. Adapun putaran Seri C ini dipimpin oleh dua firma investasi besar yakni Tiger Global dan Squoia Capital India dengan nilai total 80 juta dollar AS (sekitar Rp 1,14 triliun)

Investasi pada Lummo ini disalurkan melalui kantor pengelolaan aset pribadinya, Bezos Expedition.

Pendanaan ini ditujukan untuk memperkuat Lummo guna mempercepat pertumbuhan bisnis pengusaha dan pemilik merek di Indonesia serta Asia Tenggara.

Baca juga: Perbedaan Level Startup Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn

CEO dan Pendiri Lummo, Krishnan Menon, mengatakan bahwa Lummo memiliki fokus untuk memprioritaskan pertumbuhan bisnis secara jangka panjang.

Menurut Krishnan, dana yang dikucurkan Bezos akan dimanfaatkan untuk mengembangkan solusi direct-to-consumer (D2C) kepada para pemilik usaha di Indonesia, mempercepat pertumbuhan bisnis, serta memaksimalkan efisiensi operasional perusahaan.

Lummo sendiri merupakan startup penyedia layanan penghubung bisnis yang menggunakan pendekatan direct-to-consumer (D2C). Dengan pendekatan tersebut, pemilik brand bisa menciptakan hubungan kuat dengan pelanggannya.

"Dukungan skala ini menggarisbawahi keyakinan kami bahwa Indonesia dan Asia Tenggara adalah tujuan yang tepat bagi para investor teknologi," kata Krishnan dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (17/2/2022).

Tidak disebutkan secara pasti besaran dana yang dikucurkan Bezos ke Lummo. Namun, ini merupakan upaya investasi kedua yang dilakukan Bezos kepada startup penyedia layanan penghubung bisnis itu.

Salah satu layanan yang ditawarkan Lummo adalah LummoShop. Layanan tersebut memungkinkan pelaku usaha menganalisis dan menargetkan pelanggan melalui catatan dan riwayat pembelian, agar kembali melakukan transaksi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.