Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeff Bezos Kembali Suntik Dana ke Startup Indonesia

Kompas.com - 17/02/2022, 07:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendiri Amazon, Jeff Bezos, menggelontorkan dana investasi kepada perusahaan rintisan (startup) asal Indonesa, Lummo.

Bezos menyuntikkan dana tersebut melalui investasi Seri C. Adapun putaran Seri C ini dipimpin oleh dua firma investasi besar yakni Tiger Global dan Squoia Capital India dengan nilai total 80 juta dollar AS (sekitar Rp 1,14 triliun)

Investasi pada Lummo ini disalurkan melalui kantor pengelolaan aset pribadinya, Bezos Expedition.

Pendanaan ini ditujukan untuk memperkuat Lummo guna mempercepat pertumbuhan bisnis pengusaha dan pemilik merek di Indonesia serta Asia Tenggara.

Baca juga: Perbedaan Level Startup Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn

CEO dan Pendiri Lummo, Krishnan Menon, mengatakan bahwa Lummo memiliki fokus untuk memprioritaskan pertumbuhan bisnis secara jangka panjang.

Menurut Krishnan, dana yang dikucurkan Bezos akan dimanfaatkan untuk mengembangkan solusi direct-to-consumer (D2C) kepada para pemilik usaha di Indonesia, mempercepat pertumbuhan bisnis, serta memaksimalkan efisiensi operasional perusahaan.

Lummo sendiri merupakan startup penyedia layanan penghubung bisnis yang menggunakan pendekatan direct-to-consumer (D2C). Dengan pendekatan tersebut, pemilik brand bisa menciptakan hubungan kuat dengan pelanggannya.

"Dukungan skala ini menggarisbawahi keyakinan kami bahwa Indonesia dan Asia Tenggara adalah tujuan yang tepat bagi para investor teknologi," kata Krishnan dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (17/2/2022).

Tidak disebutkan secara pasti besaran dana yang dikucurkan Bezos ke Lummo. Namun, ini merupakan upaya investasi kedua yang dilakukan Bezos kepada startup penyedia layanan penghubung bisnis itu.

Salah satu layanan yang ditawarkan Lummo adalah LummoShop. Layanan tersebut memungkinkan pelaku usaha menganalisis dan menargetkan pelanggan melalui catatan dan riwayat pembelian, agar kembali melakukan transaksi.

"Kami mengembangkan LummoShop sebagai penerang bagi para pengusaha dan pemilik merek melalui solusi layanan perangkat lunak yang menghubungkan bisnis dengan pelanggannya (SaaS stack D2C)," tutup Krishnan.

Baca juga: Setelah Roket, Jeff Bezos Berambisi Bikin Stasiun Luar Angkasa

Bukan yang pertama

Ini bukanlah pertama kalinya Jeff Bezos menyuntikkan dana segar untuk startup di Indonesia. Pada Oktober 2021 lalu, diberitakan bahwa Bezos berinvestasi di startup asal Indonesia bernama Ula.

Ketertarikan Bezos pada startup Ula, datang pada saat Amazon belum memasuki sebagian besar negara Asia Tenggara, atau setidaknya mempertahankan kehadiran Amazon yang terbatas di wilayah tersebut.

Startup Ula sendiri membantu pengecer kecil mengatasi inefisiensi yang mereka hadapi dalam rantai pasokan, inventaris, dan modal kerja.

Startup ini mengoperasikan pasar e-commerce grosir untuk membantu pemilik toko hanya menyimpan inventaris yang mereka butuhkan, dan memberi modal kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com