Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Bot Resmi di Twitter Punya Label Khusus

Kompas.com - 17/02/2022, 12:31 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter akhirnya meluncurkan label khusus untuk akun bot di platformya. Perusahaan kini memungkinkan pengembang untuk menambahkan label akun bot atau disebut juga akun otomatis.

Dengan begitu, pengguna akan mengetahui ketika sebuah twit diunggah oleh akun bot secara otomatis.

Label tersebut akan muncul di profil akun bot dengan keterangan "Automated Account". Selain itu, Twitter juga mencantumkan label yang sama di bawah nama akun bot, dengan keterangan "Automated", dalam bingkai twit yang tampil di linimasa (timeline).

"#GoodBots membantu orang-orang tetap mengetahui informasi yang berguna, menghibur dan relevan. Label itu akan memberi tahu pengguna di Twitter terkait informasi tambahan tentang bot. Tujuannya utuk membantu mereka memutuskan akun mana yang akan diikuti, dilibatkan dan dipercaya," demikian jelas Twitter melalui akun @TwitterSupport.

Baca juga: Berapa Jumlah Pengguna Aktif Twitter Saat Ini?

Menurut juru bicara Twitter, Celeste Carswell, label itu hanya akan tersedia untuk akun bot yang dibuat oleh pengembang yang menggunakan API Twitter. Labelnya juga hanya akan muncul jika pengguna menerapkannya ke akun bot mereka.

Artinya, akun bot yang dioperasikan secara manual oleh pengguna, kemungkinan tidak dapat menggunakan label tersebut.

Label akun bot di TwitterTwitter Label akun bot di Twitter

Akun bot sendiri biasanya digunakan untuk membombardir informasi yang dipromosikan. Namun terkadang akun bot juga digunakan untuk kampanye politik atau hal lain yang dianggap negatif atau kurang menyenangkan.

Untuk itu, label bot yang dihadirkan Twitter kali ini ditujukan untuk akun bot yang positif atau disebut Twitter Good Bot.

Twitter menegaskan bahwa akun bot harus tunduk pada kebijakan akun bot di Twitter serta kebijakan Twitter secara umum. Dengan begitu, perusahaan dapat menghapus akun bot yang tidak memenuhi aturan perusahaan.

Meski menghadirkan label khusus, Twitter tidak akan melakukan audit terhadap akun-akun bot. Akan tetapi, pengguna dapat melaporkan akun bot yang menurut mereka melanggar aturan Twitter.

Baca juga: Twitter Sebar Tombol Downvote ke Semua Negara, Termasuk Indonesia

Sejak 2021

Fitur ini sebenarnya sudah dikembangkan dan diuji coba perusahaan sejak September 2021. Awalnya, Twitter menjanjikan fitur ini dapat digunakan pengembang pada akhir tahun lalu, meskipun akhirnya baru diluncurkan sekarang.

Secara umum label bot mungkin tidak akan meminimalisasi akun bot negatif. Namun upaya ini dilakukan Twitter untuk menuju arah tersebut.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (17/2/2022), Twitter juga sedang mengembangkan label untuk mengenang orang yang sudah meninggal dunia.

Label ini seharusnya sudah dirilis Twitter pada 2021 lalu, namun belum tersedia hingga saat ini. Twitter sendiri menolak memberikan tanggapan terkait fitur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com