Kompas.com - 17/02/2022, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Mematikan suara atau silent kamera iPhone bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Sementara itu, cara silent kamera iPhone tidak bisa langsung ditemukan lewat menu pengaturan di aplikasi kamera bawaan.

Tidak seperti ponsel kebanyakan yang punya pengaturan untuk mematikan suara kamera lewat menu pengaturan, Apple memang cukup ketat terkait suara kamera ini. Bahkan iPhone yang diedarkan di negara tertentu seperti Jepang, suara kameranya tidak bisa dimatikan.

Penyebabnya karena Apple mengikuti aturan lokal "anti-paparazi" atau larangan mengambil gambar secara diam-diam. Dengan aturan tersebut, suara jepretan kamera iPhone Jepang bakal tetap terdengar meski ponsel dalam mode hening.

Baca juga: iPhone Resmi atau BM? Cek IMEI dengan Cara Ini

Dengan keberadaan suara tersebut, asumsinya orang jadi sulit untuk mengambil gambar secara diam-diam. Itulah alasan kenapa kamera iPhone tidak bisa di-silent untuk beberapa produk yang diedarkan di negara tertentu, dilansir dari Endgadget, Kamis (17/02/2022).

Meski demikian, asalkan iPhone Anda bukan berasal dari negara tersebut maka suara kameranya masih bisa dimatikan. Cara silent kamera iPhone cukup mudah, bisa dilakukan dengan mengubah pengaturan suara iPhone ke mode hening.

Selengkapnya, simak penjelasan berikut ini tentang cara mematikan suara kamera iPhone:

Mematikan suara kamera iPhone dengan tombol Silent

  • Geser tombol Silent berbentuk seperti saklar yang terletak di samping kanan iPhone
  • Arahkan tombol tersebut ke warna oranye supaya pengaturan suara iPhone beralih ke mode hening
  • Mode hening juga bisa diaktifkan lewat ikon lonceng dengan opsi "Bisukan" yang ada di tombol pengaturan virtual AssistiveTouch
  • Untuk mengaktifkan AssistiveTouch, caranya klik menu "Pengaturan" dan pilih opsi "Aksesibilitas"
  • Lalu, pilih opsi "Sentuh" dan geser toggle "AssistiveTouche" ke warna hijau.

Mematikan suara kamera iPhone dengan mengaktifkan "Live"

  • Buka aplikasi kamera iPhone Anda
  • Klik ikon bulat berbintik yang berada di bagian atas aplikasi
  • Setelah muncul tanda "Live", coba ambil foto dengan menekan tombol kamera.

Baca juga: 3 Cara Menghapus Cache di iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Live merupakan fitur di kamera iPhone yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto bergerak. Saat fitur "Live" aktif, suara jepretan kamera iPhone bakal tidak muncul. Demikian dua cara mematikan suara kamera iPhone, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.