Kompas.com - 18/02/2022, 07:43 WIB

KOMPAS.com - Pengiriman smartphone lipat di dunia meningkat signifikan pada 2021 lalu. Klaim ini berasal dari perusahaan riset International Data Corporation (IDC) yang merilis laporan terbarunya, terkait pasar smartphone lipat.

Menurut laporan IDC, lebih dari 7,1 juta perangkat lipat dikirimkan ke seluruh dunia selama tahun 2021. Jumlah ini meningkat signifikan dibanding tahun 2020 yang mencatat pengiriman total 1,9 juta smartphone lipat.

Artinya pertumbuhan pengiriman pada 2021 meningkat tiga kali lipat lebih dari tahun sebelumnya. Secara statistik, persentase pertumbuhannya yaitu 264,3 persen.

Baca juga: Akhir Tahun 2021, Pendapatan Samsung Meningkat berkat Ponsel Lipat

Samsung jadi kontributor utama

Samsung disebut IDC memiliki peran terbesar yang berkontribusi pada pertumbuhan smartphone lipat.

Sebab, perusahaan asal Korea Selatan itu merilis dua smartphone lipat pada 2021, yaitu Galaxy Z Flip3 dan Z Fold3. Kedua ponsel lipat itu ditujukan untuk segmen yang cukup berbeda, sehingga memperluas pasar smartphone lipat.

Selain itu, IDC juga menilai harga Z Flip3 yang terjangkau sebagai pemikat bagi konsumen. Apalagi desain lipat ponsel itu membuat perangkat menjadi ringkas.

"Pertumbuhan tahun 2021 sebagian besar dikaitkan dengn kesuksesan Samsung, karena raksasa Korea Selatan itu menggerakkan pasar berkat flagship terbarunya yang dapat dilipat," kata IDC yang dihimpun KompasTekno dari situs resminya, Jumat (18/2/2022).

"Desain baru Flip3 memenangkan minat konsumen berkat ukuran lipatnya yang ringkas, layar sekundernya yang luas serta yang paling penting harganya 999 dollar AS (Rp 14,3 juta). Fold3 baru juga mengalami peningkatan besar, namun dari sisi harga lebih tinggi," tambah IDC.

Baca juga: Xiaomi Siapkan 12 Smartphone Anyar Tahun Ini, Ada Ponsel Lipat?

Pangsa pasar smartphone lipat sendiri dinilai IDC memang kecil. Adopsi perangkat ini juga diyakini perusahaan tetap rendah karena menargetkan pengguna segmen bisnis.

Namun pasar ini memiliki peluang yang besar bagi vendor ponsel. Sebab, dalam kacamata konsumen, smartphone lipat merupakan perangkat dengan tampilan yang paling inovatif.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.