2 Cara Cek Resi GrabExpress dari Aplikasi Grab, Tokopedia, dan Shopee

Kompas.com - 18/02/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Cek resi atau tanda pengiriman paket dari GrabExpress bisa dilakukan dengan berbagai cara tergantung dimana pengguna memesan barang. Dengan adanya GrabExpress, Grab kini tidak hanya menyediakan layanan pemesanan transportasi antar jemput online.

Pengguna kini juga bisa mengirim barang juga di aplikasi Grab lewat layanan GrabExpress. Bahkan pengguna juga bisa mengirim barang di luar aplikasi Grab dengan menggunakan layanan tersebut. Lantas, apa itu GrabExpress?

GrabExpress adalah layanan kurir atau jasa pengiriman secara kilat milik perusahaan Grab. Layanan pengiriman paket dari GrabExpress bisa menggunakan pengemudi dari GrabCar atau GrabBike.

Baca juga: Cara Daftar Grab Bike Online dan Link Pendaftarannya

Layanan pengiriman paket GrabExpress tidak hanya bisa dipesan atau digunakan melalui aplikasi Grab, melainkan juga terdapat pada aplikasi marketplace lain, seperti Shopee atau Tokopedia.

GrabExpress punya dua jenis waktu pengantaran, yakni Same Day dan Instant. GrabExpress Instant merupakan layanan yang bisa mengantarkan paket sampai ke pengguna dalam waktu maksimal 2 jam di hari itu juga, setelah pengirim selesai mengatur pengiriman.

Sedangkan GrabExpress Same Day, bisa mengantarkan paket sampai ke pengguna dalam waktu maksimal 6 jam di hari itu juga, setelah penjual selesai mengatur pengiriman. Kedua layanan itu hanya berlaku untuk pengiriman paket yang dilakukan sebelum jam 16.00 WIB.

Saat proses pengiriman, pengguna bisa cek resi GrabExpress untuk melihat posisi paket yang dibawa oleh kurir sudah sampai mana. Melihat posisi paket atau tracking GrabExpress bisa dilakukan lewat aplikasi Grab dan marketplace lainnya.

Cara cek resi GrabExpress Same Day dan Instant tidak ada perbedaan. Jika pemesanan barang atau paket dilakukan di Grab, pengguna bisa langsung tracking GrabExpress Same Day dan Instant lewat aplikasi.

Namun, apabila pengguna pesan barang di luar aplikasi Grab maka cara cek resi GrabExpress menyesuaikan dengan opsi yang ada di masing-masing aplikasi marketplace, dilansir dari situs resmi Grab.

Selengkapnya, berikut cara cek resi GrabExpress Instant dan Same Day dari aplikasi Grab dan marketplace lain.

Cara cek resi GrabExpress dari aplikasi Grab

  • Saat barang sudah diambil oleh driver GrabExpress, pengguna bakal menerima notifikasi di aplikasi Grab yang berisi link untuk melacak status pengiriman secara real-time
  • Buka link tersebut agar bisa melihat posisi paket terkini, mulai saat driver GrabExpress tiba di lokasi penjemputan, hingga paket tiba di alamat tujuan.
  • Selain itu, pengirim paket bisa membagikan link tersebut secara manual ke penerima
  • Caranya, saat pengiriman sedang berlangsung, tekan opsi "bagikan" yang berada di bagian informasi pengantaran
  • Selanjutnya, pilih platform yang ingin digunakan untuk berbagi link tracking GrabExpress.

Baca juga: Cara Memasukkan Kode Promo Grab

Cara cek resi GrabExpress dari aplikasi marketplace lain

  • Buka aplikasi marketplace Anda, seperti Tokopedia atau Shopee, yang sedang digunakan untuk mengirim paket menggunakan GrabExpress
  • Setelah aplikasi terbuka, pergi ke daftar pengiriman barang atau paket
  • Pilih paket yang dikirim menggunakan GrabExpress, kemudian klik "Lacak Pengiriman"
  • Setelah itu, Anda bakal diarahkan ke halaman pelacakan di aplikasi Grab dan memantau status pengirimannya.

Demikian dua cara cek resi GrabExpress dari aplikasi Grab dan marketplace lain, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.