Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Daftar HP Poco yang Kebagian MIUI 13

Kompas.com - 20/02/2022, 12:03 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi telah meluncurkan antarmuka (UI) ponsel generasi baru yang disebut MIUI 13. Antarmuka ini menjadi suksesor dari MIUI 12.5 yang diluncurkan Xiaomi akhir tahun lalu.

Antarmuka generasi baru dari Xiaomi itu pada tahap pertama tersedia untuk Xiaomi 12 series. MIUI 13 juga direncanakan tersedia untuk ponsel Redmi maupun Poco.

Kini MIUI 13 sudah menyambangi ponsel Poco melalui Poco M4 Pro 5G yang diumumkan Xiaomi di India belum lama ini.

Dalam peluncuran tersebut, perusahaan mengatakan bahwa MIUI 13 membawa pembaruan MIUI 13 yang sama, dengan sejumlah fitur baru dan efisiensi yang lebih baik dari antarmuka versi sebelumnya.

Baca juga: Xiaomi Umumkan MIUI 13 Global, Ini Jadwal dan Daftar Smartphone yang Kebagian

Tak hanya Poco M4 Pro, tiga ponsel Poco lainnya juga kebagian MIUI 13, yaitu Poco M4 Pro 5G, Poco X3 Pro dan Poco F3 GT.

Jadwal peluncuran MIUI 13 di ponsel-ponsel tersebut tidak dirinci oleh Xiaomi. Perusahaan hanya mengatakan bahwa antarmuka baru itu akan tersedia dalam beberapa minggu mendatang.

Poco belum secara resmi mengumumkan perangkat lainnya yang akan kebagian MIUI 13. Namun, bocoran dari situs Xiaomiui menyebutkan beberapa seri ponsel lainnya yang memenuhi syarat untuk mendapat pembaruan UI tersebut.

Dihimpun KompasTekno dari Xiaomiui, Minggu (20/2/2022), berikut daftar ponsel Poco yang akan kebagian MIUI 13 di batch selanjutnya.

  • Poco X2
  • Poco X3 (India)
  • Poco X3 NFC
  • Poco M2
  • Poco M2 Reloaded
  • Poco M2 Pro
  • Poco M3
  • Poco M3 Pro 5G
  • Poco M4
  • Poco F2 Pro
  • Poco F3
  • Poco C3
  • Poco C31

Beberapa ponsel dari daftar di atas kemungkinan tidak akan mendapatkan MIUI 13 berbasis Android 12, melainkan Android 11.

Fitur MIUI 13

Fitur yang melengkapi MIUI 13 adalah fitur keamanan dan privasi yang lebih mumpuni. Untuk pertama kalinya, Xiaomi memperkenalkan verifikasi tiga tingkat di MIUI 13 yang mencakup Facial Recognition, Privacy Watermark, dan Electronic Fraud Protection.

Facial recognition di MIUI 13 berbeda dengan pemindai wajah yang sudah umum saat ini. Facial recognition ini sejatinya adalah upper-body recognition atau pengenal tubuh bagian atas.

Jadi, pengguna akan memindai wajah mereka, sementara ponsel akan merekam tubuh bagian atas (pinggul ke kepala). Sehingga ponsel hanya boleh digunakan oleh orang yang bentuk tubuhnya sama, tidak hanya wajahnya saja.

Baca juga: Fitur Baru MIUI 13, Ponsel Xiaomi Jadi Lebih Cepat dan Mirip Apple iOS

Sementara itu, Privacy Watermark bisa melindungi kartu identitas pemilik ponsel dengan label khas, dan Electronic Fraud Protection bisa mencegah pengguna mengunjungi berbagai website berbahaya yang berpotensi disispi malware.

Selain keamanan dan privasi, Xiaomi juga mengklaim MIUI 13 akan berjalan lebih mulus ketika menjalankan berbagai aplikasi populer seperti TikTok hingga WeChat.

Dibanding MIUI 12.5, MIUI 13 memungkinkan aplikasi-aplikasi tersebut berjalan 15 persen lebih cepat di ponsel flagship, 32 persen lebih cepat di ponsel kelas menengah (mid-range), dan 52 persen lebih cepat di ponsel kelas entry-level.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com