Bayar Uang SPP lewat Warung Mitra Tokopedia, Begini Caranya

Kompas.com - 21/02/2022, 10:03 WIB

Kompas.com - Tokopedia memungkinkan masyarakat untuk membayar biaya pendidikan seperti Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) lewat warung-warung yang telah terdaftar di ekosistem perusahaan.

Selain penjual yang tesedia secara online, Tokopedia juga memiliki mitra penjual tradisional yang melakukan penjualan luring (offline) seperti warung kelontong.

Mitra penjual tradisional itu juga dibekali aplikasi bernama Mitra Tokopedia, untuk menyetok barang dagangan dan berjualan produk digital.

Dalam praktik pembayaran SPP, masyarakat yang berkunjung ke warung mitra Tokopedia akan dibantu melakukan pembayaran SPP melalui fitur Biaya Pendidikan di aplikasi Mitra Tokopedia.

Layanan ini ditujukan untuk menjangkau masyarakat di daerah pelosok atau masyarakat yang tidak memiliki rekening bank.

Dalam menghadirkan layanan ini, Tokopedia bekerja sama dengan InfraDigital Nusantara (IDN), yaitu startup yang menawarkan solusi pembayaran digital bagi institusi pendidikan.

Baca juga: 2 Cara Cek Resi GrabExpress dari Aplikasi Grab, Tokopedia, dan Shopee

Dengan kerja sama ini, pelajar di lebih dari 6.000 institusi pendidikan yang tergabung dalam Jaringan IDN meliputi sekolah, perguruan tinggi, pondok pesantren dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM, dapat membayar biaya pendidikan melalui warung dan toko Mitra Tokopedia.

“Kami berupaya mendukung lembaga pendidikan, yang berada di pelosok, dengan orang tua yang belum terhubung dengan bank. Kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan Mitra Tokopedia untuk menyediakan layanan ini,” kata CEO InfraDigital Nusantara, Ian McKenna.

Cara bayar SPP lewat warung/toko Mitra Tokopedia

Untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan lewat warung atau toko di ekosistem Mitra Tokopedia, pengguna hanya perlu mengunjungi warung Mitra Tokopedia terdekat. Biasanya, warung atau toko Mitra Tokopedia akan memiliki banner di depan toko.

Baca juga: Cara Pre-order Galaxy S22 di Samsung.com, Tokopedia, Shopee, dan Blibli

Selanjutnya, informasikan nama sekolah dan nomor pembayaran atau nomor mahasiswa yang terdaftar. Nantinya, data tersebut akan diinput pada layanan "Biaya Pendidikan" di aplikasi Mitra Tokopedia hingga transaksi pembayaran selesai.

Layanan pembayaran biaya pendidikan juga dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat melalui aplikasi Tokopedia.

Perluasan layanan Biaya Pendidikan melalui warung atau toko Mitra Tokopedia ditujukan untuk memudahkan masyarakat di daerah pelosok dalam melakukan pembayaran biaya sekolah, tanpa harus berkunjung langsung ke sekolah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.