Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi PeduliLindungi Hilang dari App Store? Ini Solusinya

Kompas.com - 21/02/2022, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan, dikabarkan aplikasi PeduliLindungi hilang dari App Store. Sebagian pengguna platform media sosial Twitter, mengeluh akibat tidak dapat menemukan PeduliLindungi di toko aplikasi milik Apple tersebut.

Berdasar pantauan KompasTekno, Senin (21/02/2022), aplikasi PeduliLindungi hingga kini memang belum juga muncul di App Store, meski dicari secara manual dengan memasukkan namanya di kolom pencarian.

Jadi, saat memasukkan nama "PeduliLindungi" pada kolom pencarian di App Store, tidak ditemukan satupun logo dari aplikasi dengan nama tersebut.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Aplikasi PeduliLindungi Error

Aplikasi PeduliLindungi hilang di AppStore mengakibatkan pengguna ponsel dengan sistem operasi iOS iPhone, tidak bisa mengunduh atau memperbaruinya lewat toko aplikasi tersebut untuk sementara waktu.

Meski demikian, pengguna iPhone yang ingin mengunduh atau memperbarui aplikasi PeduliLindungi, masih bisa melakukannya dengan mengunjungi situs resmi PeduliLindungi.

Dalam situs tersebut, pengguna bakal menemukan menu "Unduh" dari aplikasi PeduliLindungi. Selanjutnya, situs bakal membuka App Store untuk mulai proses pengunduhan aplikasi PeduliLindungi.

Apabila Anda mengalami persoalan aplikasi PeduliLindungi hilang dari App Store, padahal ingin mengunduhnya, simak cara berikut ini:

  • Buka browser Safari di iPhone Anda
  • Kunjungi situs ini https://www.pedulilindungi.id
  • Di halaman awal situs, klik ikon garis tiga
  • Lalu, pilih menu "Unduh"
  • Gulir ke bawah dan klik opsi "Download on the App Store"
  • Selanjutnya, situs otomatis bakal menghubungkan ke App Store yang ada di iPhone Anda
  • Saat jendela App Store terbuka, Anda bisa klik ikon awan dengan panah ke bawah untuk mulai mengunduh dan menginstal aplikasi PeduliLindungi
  • Selain itu, jika sudah memiliki aplikasi PeduliLindungi di iPhone, Anda juga bisa memperbaruinya dengan klik opsi "Perbarui", yang tertera pada jendela App Store tersebut.

Ilustrasi cara mengunduh aplikasi PeduliLindungi hilang dari App StoreKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengunduh aplikasi PeduliLindungi hilang dari App Store

Aplikasi PeduliLindungi yang diunduh dengan cara di atas, bisa digunakan sebagaimana mestinya. KompasTekno tidak menemukan adanya gangguan pada aplikasi itu saat selesai terinstal. Fitur seperti scan barcode masih bisa berjalan dengan lancar juga.

PeduliLindungi sendiri merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membantu memantau dan mengendalikan penyebaran virus Covid-19. Dengan fungsi tersebut, aplikasi ini menjadi sangat penting bagi pemerintah dan masyarakat.

Baca juga: Cara Scan QR Code PeduliLindungi Tanpa Kuota Internet

PeduliLindungi menjadi salah satu syarat bagi masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah atau di area publik seperti pusat perbelanjaan. Secara teknis, masyarakat harus melakukan pemindaian kode QR melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki lokasi tertentu.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendaftar program vaksinasi. Dengan praktik ini, diharapkan pemerintah dapat memonitor jumlah keramaian dan membatasi kerumunan ketika jumlahnya melebihi kapasitas yang ditentukan.

Dalam menjajal cara di atas, KompasTekno menggunakan iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.2. Beda versi sistem operasi, mungkin bakal beda juga letak opsinya. Demikian cara mengunduh aplikasi PeduliLindungi hilang di App Store, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com