5 Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Kompas.com - 21/02/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Bagi sebagian pengguna mungkin pernah mengalami persoalan aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka, sehingga kesulitan saat hendak check-in ke ruang publik seperti bandara, pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Saat ini, aplikasi PeduliLindungi memang punya peran penting bagi masyarakat dan pemerintah, yang berfungsi untuk membantu pengendalian dan pengawasan penyebaran virus Covid-19.

PeduliLindungi digunakan sebagai syarat wajib supaya bisa memasuki ruang publik, dengan tujuan agar memudahkan pemantauan jumlah keramaian dan membatasi kerumunan ketika jumlahnya melebihi kapasitas yang ditentukan.

Baca juga: Cara Daftar Vaksin Online lewat Aplikasi dan Situs PeduliLindungi

Di sisi lain, seperti perangkat lunak pada umumnya, aplikasi PeduliLindungi juga bisa mengalami eror atau gangguan. Bentuk aplikasi PeduliLindungi eror ini bermacam-macam, salah satunya adalah aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka atau tiba-tiba tertutup.

Selain itu, gangguan juga bisa terjadi pada fungsi fiturnya, seperti jadi tidak bisa memindai kode QR dan mengunduh sertifikat vaksin. Dilansir dari laman resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19, aplikasi PeduliLindungi eror memang mungkin terjadi.

Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengatasinya. Berikut rangkuman KompasTekno tentang cara mengatasi aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka dan gangguan lainnya.

1. Memuat ulang aplikasi

Cara mengatasi aplilkasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka yang pertama adalah dengan memuat ulang aplikasinya. Anda bisa menutup penuh aplikasi PeduliLindungi di layar dan background ponsel.

Masing-masing ponsel biasanya memiliki cara yang berbeda untuk menutup penuh aplikasi. Ikuti panduan menutup aplikasi yang disediakan di ponsel Anda. Setelah menutup penuh, buka kembali aplikasi PeduliLindungi.

2. Memperbarui versi aplikasi 

Selain memuat ulang, Anda bisa mengatasi aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka dengan memeriksa pembaruan versinya di toko aplikasi masing-masing ponsel, seperti Google Play Store (untuk ponsel berbasis Android) atau App Store (untuk ponsel berbasis iOS).

Apabila aplikasi PeduliLindungi di toko aplikasi tersebut memiliki versi terbaru segera lakukan pembaruan. Aplikasi PeduliLindungi tidak bisa digunakan dapat disebabkan karena sistem di dalamnya mungkin sudah tidak kompatibel dengan sistem yang ada di ponsel.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.