Daftar Aplikasi Catatan Keuangan Gratis untuk UMKM

Kompas.com - 21/02/2022, 17:45 WIB

KOMPAS.com - Bagi para pelaku usaha, catatan keuangan merupakan bagian terpenting yang tidak boleh terlewatkan dalam sebuah bisnis. Catatan keuangan yang tidak disusun dengan baik dan rapi pasti menimbulkan berbagai masalah dalam arus kas bisnis.

Biasanya, pencatatan keuangan dilakukan secara manual di sebuah buku tulis atau menggunakan program Microsoft Excel. Tapi, kini ada beberapa aplikasi pembukuan bisnis yang memiliki beragam fitur untuk memudahkan pencatatan keuangan.

Aplikasi-aplikasi itu bisa dimanfaat para pelaku Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mencatat keuangan bisnisnya. Selain itu, ada beberapa aplikasi pencatat keuangan gratis yang bisa diunduh di smartphone, baik Android maupun iOS.

Baca juga: Cara Mengajukan KUR BRI secara Online untuk UMKM

Berikut ini KompasTekno merangkum daftar aplikasi catatan keuangan gratis yang bisa digunakan UMKM.

BukuWarung

BukuWarungPlay Store BukuWarung

BukuWarung merupakan aplikasi catatan keuangan, yang dirancang untuk usaha kecil menengah. Pengguna dapat melakukan pencatatan pembelian, pengeluaran, hutang dan piutang, stok produk, hingga fitur kasir online hanya melalui smartphone.

Memiliki rating 4,5 dari 5. BukuWarung hanya tersedia di Android dan dapat diunduh melalui Play Store dan dikembangkan oleh PT Buku Usaha Digital. Aplikasi ini memiliki ukuran 18 MB.

BukuKas

BukuKasPlay Store BukuKas

BukuKas merupakan aplikasi pembukuan bisnis UMKM untuk pencatatan keuangan usaha sehari-hari. Memiliki berbagai fitur seperti pencatatan transaksi penjualan, kelola stok barang, terima dan kirim uang gratis biaya antarbank hingga download laporan keuangan otomatis.

BukuKas tersedia di ponsel Android dan iPhone. Di Play Store, aplikasi ini berukuran 33 MB dengan rating 3,4.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.