Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Minimum PC Windows 11 agar Bisa Pakai Aplikasi Android

Kompas.com - 22/02/2022, 10:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Microsoft

KOMPAS.com - Pada 2021 lau Microsoft mengumumkan bahwa aplikasi Android akan dapat berjalan di PC atau laptop berbasis Windows 11.

Dengan begitu, pengguna dapat menggunakan aplikasi seperti TikTok, Instagram dan sebagainya langsung melalui PC atau laptop.

Agar Windows 11 bisa menjalankan aplikasi Android, ada syarat yang harus dipenuhi. Aplikasi Android yang dapat berjalan di Windows 11, hanya bisa diunduh melalui Amazon Appstore.

Baca juga: Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Oleh karena itu, sebelum mengunduh aplikasi Android dan menjalankannya di Windows 11, Anda perlu mengunduh Amazon Appstore, atau mengaksesnya dari laman toko aplikasi Amazon itu.

Selain wajib menggunakan Amazon Appstore sebagai salah satu ketentuannya, Microsoft juga menetapkan beberapa spesifikasi minimum perangkat yang dapat menjalankan aplikasi Android di Windows 11.

Di antara syarat tersebut yaitu kapasitas RAM, tipe memori internal hingga prosesonya.

Baca juga: Microsoft Mulai Rilis Aplikasi Android untuk Windows 11

Untuk RAM, Microsoft menetapkan besaran RAM minimal PC yaitu 8 GB. Microsoft merekomendasikan pengguna untuk memakai PC/laptop yang memiliki RAM 16 GB agar dapat menjalankan aplikasi Android di Windows 11 dengan lebih optimal.

Kemudian, penyimpanan yang digunakan harus berjenis Solid State Drive (SSD). Namun, Microsoft tidak menetapkan kapasitas tertentu.

Dengan kata lain, tidak ada minimum kapasitas memori internal, selagi jenis memori yang digunakan PC/laptop Anda adalah SSD.

Untuk spesifikasi prosesor, Microsoft memungkinkan beberapa merek prosesor seperti dari Intel, AMD, serta Qualcomm.

Adapun rinciannya yaitu spek minimal prosesor yang digunakan adalah Intel Core i3 Gen-8, atau lebih tinggi, AMD Ryzen 3000 atau lebih tinggi, Qualcomm Snapdragon 8c atau lebih tinggi. Arsitektur prosesornya juga ditetapkan minimum x64 atau ARM64.

Syarat terakhir yaitu dengan mengaktifkan fitur Virtual Machine Platform. Fitur ini akan memungkinkan PC meniru sistem operasi lain, sehingga Anda mendapatkan pengalaman tampilan yang sama dengan menggunakan sistem operasi lainnya seperti Android, di Windows 11.

Baca juga: Waspada Situs Microsoft Palsu Sebar Windows 11 Berisi Malware Pencuri Password

Dihimpun KompasTekno dari situs resmi Microsoft, Selasa (22/2/2022), mayoritas laptop dengan Windows 10 atau yang sudah mendapatkan Windows 11, secara default sudah mengaktifkan fitur Virtual Machine Platform sehingga pengguna tidak perlu mengaktifkannya secara manual.

Namun, jika Anda menemukan pengaturan itu belum aktif, Anda dapat berkunjung ke laman support Microsoft dan mengikuti tahapannya. Setiap merek PC juga memiliki pengaturan virtualisasi sendiri dan dapat Anda ikuti di laman ini.

Berikut rangkuman spesifikasi minimum PC/laptop yang dapat menjalankan aplikasi Android di Windows 11.

  • RAM minimal 8 GB  atau 16 GB
  • Tipe memori Solid State Drive (SSD)
  • Prosesor Intel Core i3 8th Gen atau lebih tinggi, AMD Ryzen 3000 atau lebih tinggi, Qualcomm Snapdragon 8c atau lebih tinggi
  • Arsitektur prosesor x64 atau ARM64
  • Virtual Machine Platform aktif
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Microsoft
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com