Spesifikasi Minimum PC Windows 11 agar Bisa Pakai Aplikasi Android

Kompas.com - 22/02/2022, 10:01 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Pada 2021 lau Microsoft mengumumkan bahwa aplikasi Android akan dapat berjalan di PC atau laptop berbasis Windows 11.

Dengan begitu, pengguna dapat menggunakan aplikasi seperti TikTok, Instagram dan sebagainya langsung melalui PC atau laptop.

Agar Windows 11 bisa menjalankan aplikasi Android, ada syarat yang harus dipenuhi. Aplikasi Android yang dapat berjalan di Windows 11, hanya bisa diunduh melalui Amazon Appstore.

Baca juga: Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Oleh karena itu, sebelum mengunduh aplikasi Android dan menjalankannya di Windows 11, Anda perlu mengunduh Amazon Appstore, atau mengaksesnya dari laman toko aplikasi Amazon itu.

Selain wajib menggunakan Amazon Appstore sebagai salah satu ketentuannya, Microsoft juga menetapkan beberapa spesifikasi minimum perangkat yang dapat menjalankan aplikasi Android di Windows 11.

Di antara syarat tersebut yaitu kapasitas RAM, tipe memori internal hingga prosesonya.

Baca juga: Microsoft Mulai Rilis Aplikasi Android untuk Windows 11

Untuk RAM, Microsoft menetapkan besaran RAM minimal PC yaitu 8 GB. Microsoft merekomendasikan pengguna untuk memakai PC/laptop yang memiliki RAM 16 GB agar dapat menjalankan aplikasi Android di Windows 11 dengan lebih optimal.

Kemudian, penyimpanan yang digunakan harus berjenis Solid State Drive (SSD). Namun, Microsoft tidak menetapkan kapasitas tertentu.

Dengan kata lain, tidak ada minimum kapasitas memori internal, selagi jenis memori yang digunakan PC/laptop Anda adalah SSD.

Untuk spesifikasi prosesor, Microsoft memungkinkan beberapa merek prosesor seperti dari Intel, AMD, serta Qualcomm.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Microsoft
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.