Kompas.com - 22/02/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - FaceTime merupakan platform panggilan video dan telepon online yang hanya bisa dipakai oleh antar pengguna perangkat Apple, termasuk di dekstop Apple Macbook, atau yang biasa disebut juga dengan Mac.

Jadi, pengguna Macbook bisa melakukan video call dengan pengguna iPhone atau iPad lewat FaceTime secara gratis, asalkan ada koneksi internet. Untuk mulai menggunakan FaceTime di mac, pengguna bisa langsung mengaksesnya lewat aplikasi.

FaceTime biasanya bakal langsung tersedia di Mac sebagai aplikasi bawaan, sehingga pengguna tak perlu repot untuk mengunduh dan menginstalnya dulu. Cara menggunakan FaceTime di Mac sebenarnya bisa dibilang cukup mudah.

Baca juga: Cara Melihat Password WiFi di Mac lewat Keychain Access

Namun, pengguna perlu memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan FaceTime di Mac. Misalnya, perangkat kamera harus dipastikan dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, Mac juga harus dipastikan telah terhubung dengan koneksi internet, mengingat FaceTime merupakan layanan Voice over Internet Protocol, yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan telepon dengan koneksi internet, bukan potongan pulsa.

Ingin menggunakan FaceTime di Mac? Simak cara menggunakan FaceTime di Mac, berikut ini:

  • Buka aplikasi FaceTime di Mac, lalu lampu kamera bakal menyala sebagai tanda telah siap digunakan
  • Selanjutnya, aplikasi bakal meminta Anda untuk login menggunakan akun Apple ID atau akun pengguna Apple
  • Akun pengguna di Mac sama dengan Apple ID yang dipakai pada perangkat seperti iPhone atau iPad
  • Setelah berhasil login, masukkan nama atau nomor telepon pengguna lain dari daftar kontak yang bakal dihubungi menggunakan FaceTime
  • Jika Anda menggunakan Apple ID iPhone di Mac, biasanya daftar kontak itu bakal otomatis tersinkronisasi dan dapat digunakan untuk melakukan panggilan FaceTime
  • Saat sudah menemukan kontak yang ingin dihubungi, klik ikon gagang telepon untuk memulai panggilan audio atau klik ikon kamera untuk mulai video call FaceTime.

Pengguna bisa menambahkan peserta panggilan FaceTime hingga 32 orang, sebagaimana dilansir laman resmi Apple. Cara menambahkannya bisa dilakukan dengan klik ikon tambah yang berada di daftar kontak pada bar samping aplikasi FaceTime.

Baca juga: Cara Menggabungkan File PDF di Mac Tanpa Aplikasi Tambahan

Selain membuat panggilan, pengguna juga bisa menerima panggilan FaceTime yang masuk di Mac. Saat ada panggilan FaceTime masuk, pengguna bakal menerima notifikasi yang berada di pojok kanan atas layar Mac.

Pengguna bisa memilih opsi "Terima" atau "Tolak pada panggilan FaceTime tersebut. Demikian cara menggunakan FaceTime di Mac, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.