Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Fakta Seputar Google Search yang Wajib Diketahui

Kompas.com - 22/02/2022, 17:45 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Oberlo

KOMPAS.com - Google Search merupakan salah satu mesin pencarian atau search engine yang cukup populer digunakan. Search engine yang satu ini mampu menyediakan informasi untuk menjawab berbagai macam pertanyaan yang terbesit di benak para pengguna.

Namun, tahukah bahwa layanan ini menyimpan segudang fakta menarik yang mungkin belum diketahui oleh banyak pengguna.

Apakah Anda pernah berpikir, berapa banyak hasil pencarian yang sanggup diolah oleh Google atau seberapa banyak jumlah orang yang mengunjungi Google setiap harinya?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan di atas, ada baiknya untuk menyimak uraian 10 fakta tentang Google Search, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Oberlo, Selasa (22/2/2022).

Baca juga: 10 Game Rahasia di Google, Sudah Coba?

1. Google menjadi situs yang paling banyak dikunjungi

Fakta Google Search yang pertama adalah, Google menjadi situs yang paling banyak dikunjungi. Hal itu diungkap laporan yang dirilis oleh Oberlo.

Google Search dinobatkan sebagai situs yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia. Oberlo mencatat, Google telah diakses lebih dari 89,3 miliar kali pada Desember 2021.

Sebanyak 16,3 persen pengguna asal AS, bahkan menggunakan mesin pencarian Google Search untuk mencari kata kunci "Google".

Menyusul di bawah Google, posisi tiga teratas pada daftar ini turut diisi oleh YouTube dan Facebook. Sementara layanan e-commerce milik Jeff Bezos, Amazon, berada di posisi keempat.

Tidak hanya menyediakan layanan pencarian informasi, Google turut menawarkan berbagai produk-produk pendukung. Hal inilah yang juga menyebabkan Google menjadi layanan yang sangat populer.

Layanan e-mail milik Google, Gmail, menjadi salah satu penyedia layanan surat elektronik yang kerap digunakan oleh banyak pengguna.

Google juga memiliki layanan Google News untuk mengakses berita, Google Shopping untuk belanja, serta beragam layanan berbasis pencarian lain dalam format gambar dan video.

2. Google memproses miliaran hasil pencarian setiap hari

Karena menjadi salah satu situs search engine yang paling banyak dikunjungi, lantas berapa banyak pencarian yang diproses oleh Google setiap harinya?

Data terbaru dari Internet Live Stats menunjukkan bahwa Google mampu mengolah lebih dari 99.000 hasil pencarian dalam satu detik atau setara dengan 8,5 miliar hasil pencarian yang bisa dilakukan Google dalam satu hari. Hal ini menjadi fakta Google Search kedua.

Sejak awal merintis layanannya, Google telah memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan. Pada tahun 1998 lalu, Google hanya mampu memproses lebih dari 10.000 permintaan pencarian per hari.

Namun di tahun 2006, angka permintaan pencarian yang sama berhasil diproses hanya dalam waktu satu detik saja.

Baca juga: Pesan Tersembunyi Muncul di Google Hari Ini ketika Ketik Wordle

Halaman:
Sumber Oberlo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com