Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Intip Foto "High Res" Sebelum Diunduh

Kompas.com - 23/02/2022, 11:08 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim foto ke pengguna lain. Namun, foto yang dikirim akan mengalami kompresi, sehingga ketika diterima kualitas foto akan menurun dari resolusi aslinya.

Agar kualitas foto tetap terjaga saat dikirim melalui WhatsApp, biasanya pengguna mengirimkan foto tersebut dalam bentuk dokumen.

Namun, jika dilakukan dengan cara ini, penerima tidak dapat melihat (preview) foto terlebih dahulu sebelum dibuka.

WhatsApp kabarnya tengah menyiapkan solusi masalah ini. Bocoran baru dari situs WABetaInfo menyebutkan WhatsApp sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna mendapatkan preview dari foto yang dikirimkan sebagai dokumen.

 

Indikasi ini terlihat dari pembaruan beta WhatsApp untuk Android versi 2.22.5.11.

Berdasarkan tangkapan gambar (screenshot) yang dibagikan WABetaInfo, WhatsApp akan menampilkan preview dari foto yang dikirim dalam format dokumen.

Mirip ketika pengguna mengirim dokumen dalam bentuk pdf yang akan muncul tampilannya meski belum di-download.

Ini berbeda dengan tampilan pengiriman dokumen saat ini, yang hanya menampikan logo dokumen saja.

WhatsApp sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna mendapatkan preview file yang dikirimkan sebagai dokumen di WhatsApp. WABetaInfo WhatsApp sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna mendapatkan preview file yang dikirimkan sebagai dokumen di WhatsApp.

Baca juga: Cara Akses Layanan Telemedisin Kemenkes via WhatsApp untuk Pasien Isoman

Dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Rabu (23/2/2022), saat ini fitur itu hanya tersedia untuk sejumlah pengguna yang mengikuti program beta.

WABetaInfo menyebut fitur ini akan segera diperluas ke lebih banyak pengguna hingga diluncurkan sebagai versi stabil di aplikasi WhatsApp.

"WhatsApp meluncurkan fitur ini ke pengguna beta tertentu. Beberapa dari pengguna mungkin dapat menggunakannya melalui pembaruan sebelumnya. Namun pembaruan versi beta 2.22.5.11 dipastikan membawa fitur tersebut," tulis WABetaInfo.

"WhatsApp berencana mengaktifkan fitur preview gambar pada beberapa pembaruan berikutnya," lanjut WABetaInfo.

Selain menemukan fitur preview untuk foto yang dikirimkan sebagai dokumen, WABetaInfo juga menemukan fitur anyar untuk WhatsApp versi iOS.

Pembaruannya adalah ketika pengguna memutar pesan suara atau file audio pada umumnya, audionya akan tetap diputar meskipun pengguna beralih ke obrolan lainnya.

Baca juga: Cara Gabung Panggilan Grup WhatsApp yang Tak Terjawab

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com