Aplikasi PeduliLindungi Kembali Muncul di App Store setelah 3 Hari Menghilang

Kompas.com - 23/02/2022, 12:05 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Aplikasi PeduliLindungi sempat menghilang dari toko aplikasi Apple App Store sejak Minggu (20/2/2022). Saat itu, penelusuran "PeduliLindungi" di kolom pencarian App Store, aplikasi itu tidak muncul di daftar hasil pencarian.

Setelah tiga hari menghilang dari toko aplikasi Apple, aplikasi PeduliLindungi akhirnya kembali dapat ditemukan dan diunduh.

Penelusuran KompasTekno, Rabu (23/2/2022) siang, aplikasi PeduliLindungi sudah kembali muncul di App Store dan dapat ditemukan melalui kolom pencarian.

Dengan kata lain, pengguna yang belum mengunduh aplikasi ini, kini dapat mengunduhnya seperti mengunduh aplikasi lain.

Aplikasi PeduliLindungi dapat diunduh pengguna iPhone langsung di App Store atau melalui tautan ini.

Baca juga: Cara Scan QR Code PeduliLindungi Tanpa Kuota Internet

Aplikasi PeduliLindungi sudah muncul kembali di Apple App Store setelah sebelumnya hilang. KOMPAS.com/Zulfikar Aplikasi PeduliLindungi sudah muncul kembali di Apple App Store setelah sebelumnya hilang.
Menurut Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, hilangnya aplikasi PeduliLindungi terjadi sejak beberapa hari lalu disebabkan oleh kendala teknis.

"Jadi aplikasinya berubah menjadi private, aplikasi masih ada tetapi tidak bisa dicari. Ini sedang diupayakan untuk dioptimalkan," kata Siti Nadia beberapa waktu lalu.

Saat itu, aplikasi PeduliLindungi memang masih dapat ditemukan di App Store jika dicari melalui mesin pencari seperti Google Search. Sementara jika dicari langsung di halaman App Store, aplikasi tersebut tidak muncul.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Keterangan dari laman tersebut justru menyarankan pengguna untuk mencari aplikasi PeduliLindungi melalui Mac App Store. Padahal setelah dibuka di Mac App Store, aplikasi ini tidak bisa pula untuk di-download.

PeduliLindungi sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan sebagai upaya meminimalisasi penularan Coronavirus Disease (Covid-19).

Aplikasi PeduliLindungi sendiri terbilang penting bagi masyarakat Indonesia di tengah pandemi. Sebab, aplikasi itu menjadi salah satu syarat bagi masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah atau di area publik seperti pusat perbelanjaan.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Aplikasi PeduliLindungi Error

Secara teknis, masyarakat harus melakukan pemindaian kode QR (barcode) melalui aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki lokasi tertentu. Selain itu, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendaftar program vaksinasi.

Dengan memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi, pemerintah dapat menelusuri riwayat Covid-19 atau contact tracing. Pengguna juga bisa mengecek riwayat vaksin melalui aplikasi ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.