Kompas.com - 23/02/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Pengguna kini bisa membuat video berdurasi singkat hingga 60 detik di Facebook dengan memanfaatkan fitur Reels, persis seperti di Instagram.

Meta (dulu Facebook Inc.) baru saja merilis fitur Reels di Facebook ke seluruh pengguna secara global di 150 negara, termasuk Indonesia. Pengoperasian fitur Reels di Facebook ini hampir sama dengan yang tersedia di Instagram.

Pengguna bisa membuat Reels di Facebook dengan cara mengambil video secara langsung atau memanfaatkan koleksi video yang ada di galeri ponsel. Untuk mulai membuat Facebook Reels, pengguna bisa mengaksesnya lewat opsi atau tombol khusus berjudul "Reel".

Baca juga: 11 Fitur Rahasia Facebook, dari Keamanan Tambahan hingga Sembunyikan Iklan

Tombol yang terletak di halaman Beranda tersebut, bakal muncul otomatis saat pengguna telah memiliki versi aplikasi Facebook yang terbaru, baik pada ponsel iPhone maupun Android. Terpantau pada ponsel iPhone, fitur ini bisa diakses di aplikasi Facebook versi 354.0.

Sebab itu, apabila Anda ingin membuat Facebook Reels di iPhone, lakukan pembaruan versi aplikasi terlebih dahulu. Setelah berhasil memperbaruinya, cara membuat Facebook Reels bisa dimulai dengan mengetuk tombol "Reel" yang tersedia di aplikasi.

Kemudian, aplikasi Facebook bakal membuka kamera setelah Anda mengetuk tombol tersebut. Penasaran dengan cara membuat Facebook Reels di iPhone? simak penjelasan berikut ini.

  • Buka aplikasi Facebook di ponsel Anda
  • Di bagian atas halaman Beranda, klik tombol "Reel"
  • Selanjutnya, aplikasi Facebook bakal otomatis membuka kamera ponsel
  • Setelah kamera terbuka, Anda bisa mulai untuk membuat video Facebook Reels
  • Ketuk ikon bulat di tengah layar kamera untuk merekam video secara langsung
  • Atau, ketuk ikon dua persegi di pojok kiri bawah layar kamera untuk menggunakan koleksi video yang ada di galeri ponsel
  • Anda bisa membuat video Facebook Reels jadi lebih menarik dengan menambahkan efek animasi, musik, serta mengubah latar belakangnya. Fitur tersebut bisa diakses lewat menu yang tersedia di sisi kanan layar kamera secara langsung.

Ilustrasi cara membuat Facebook Reels di iPhoneKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat Facebook Reels di iPhone

Selesai membuat video di Facebook Reels, Anda bakal masuk ke mode Preview atau tinjauan. Dalam mode ini, Anda bisa meninjau ulang dan menyunting video yang telah dibuat.

Jika hasil video dirasa kurang bagus, Anda bisa memperbaikinya dalam mode Preview lewat opsi yang tersedia, seperti opsi "Pangkas" yang berfungsi untuk memotong durasi video. Kemudian, ada juga opsi "Efek" untuk menambahkan animasi pada video.

Selesai melakukan penyuntingan di mode Preview, Anda bisa klik opsi "Selanjutnya" untuk masuk ke mode pengaturan penayangan Facebook Reels. Dalam mode ini, Anda bisa menambahkan semacam deksripsi singkat terkait video yang telah dibuat tadi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.